Kamis, 02/05/2024 14:32 WIB

Kapolda Metro Akan Benahi Kemacetan Jakarta

Kapolda Metro Jaya siap akan membenahi kemacetan di DKI Jakarta. Caranya?

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto beri keterangan. (Foto: Jurnas/Ira).

Jakarta, Jurnas.com- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto siap memperbaiki kemacetan dan arus lalu lintas yang ada di DKI Jakarta. Karyoto mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam menangani kemacetan.

“Lalu lintas kami juga tengah berupaya tentunya kami tidak bisa sendiri. Di sini ada dinas, lalu lintas angkutan jalan raya, akan kita pecahkan masalah-masalah tentang kemacetan,” ujar Karyoto kepada wartawan, Kamis (6/4/2023).

Karyoto mencontohkan salah satu kemacetan yang disoroti seperti dari Kuningan hingga Mampang. Ia mengatakan berupaya untuk mempersingkat waktu tempuh.

“Dari Kuningan ke Mampang 30 menit ya saya upayakan kalau bisa 20 menit,” ucapnya.

Lebih lanjut, Karyoto menyebutkan kepolisian bersama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mulai membahas strategi mengurangi kemacetan, seperti pembenahan persimpangan atau putaran (U-turn) di beberapa wilayah rawan macet.

“Menyarankan rambu-rambunya, `oh disini U-Turn nya ditutup’ kita tambah lagi, perpanjang lagi, ‘oh disini tidak boleh terjadi crossing’, menyebabkan macet itu karena kebanyakan crossing, crossing itu macet pasti ekornya panjang,” paparnya.

Selain itu, Karyoto menuturkan pembenahan persimpangan jalan menjadi salah satu fokus yang diupayakan untuk mengurangi kemacetan.

“Kita upayakan bagaimana crossing-nya sedikit kalau mungkin 5 crossing, kita mungkin bikin dua atau ingin circle yang besar, flow-nya itu jalan terus. Sekalipun jarak tempuhnya agak panjang tapi waktu tempuhnya sedikit, ini kita selalu kaji,” katanya.

KEYWORD :

Kapolda Metro Kemacetan Jakarta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :