Senin, 29/04/2024 08:40 WIB

Bos Marvel Entertainment Ike Perlmutter Dihentikan Disney

Ike Perlmutter, yang menurut teman-temannya kecewa dengan kinerja keuangan Disney di bawah mantan kepala eksekutifnya, Bob Chapek

Walt Disney (Foto: AFP)

Hpllywood, Jurnas.com - Walt Disney Co (DIS.N) berhentikan Ketua Marvel Entertainment Isaac "Ike" Perlmutter sebagai bagian dari kampanye pemotongan biaya, sebuah sumber mengkonfirmasi pada hari Rabu.

Perlmutter, 80, telah mendukung tawaran yang gagal dari pemegang saham aktivis Nelson Peltz tahun ini untuk mendapatkan kursi di dewan perusahaan Disney.

Eksekutif diberitahu melalui telepon Rabu bahwa Marvel Entertainment, sebuah divisi kecil dalam perusahaan yang bertanggung jawab untuk penerbitan buku komik dan beberapa produk konsumen, akan digabungkan menjadi unit bisnis Disney yang lebih besar, menurut sumber kedua yang mengetahui masalah tersebut.

Perlmutter tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.

Dan Buckley, presiden Marvel Entertainment, akan tetap tinggal dan melapor kepada Presiden Marvel Studios Kevin Feige, kata sumber kedua.

Disney mulai menghapus 7.000 pekerjaan pada hari Senin, dalam upaya untuk menghemat biaya sebesar $5,5 miliar dan membuat bisnis streamingnya menguntungkan.

Perlmutter, yang mengalahkan miliarder Carl Icahn untuk mengendalikan penerbit buku komik pada akhir 1990-an, menjual Marvel ke Disney seharga $4 miliar pada 2009. Disney mengatakan pada saat itu bahwa Perlmutter akan terus mengawasi properti Marvel.

Pada 2015, CEO Disney Bob Iger merestrukturisasi Marvel, menempatkan Marvel Studios di bawah Walt Disney Studios. Iger menggambarkan keputusan tersebut dalam otobiografinya, "The Ride of a Lifetime", dengan mengatakan bahwa dia mendeteksi "ketegangan yang meningkat" antara tim Marvel yang berbasis di New York dan grup film di Hollywood, menambahkan, "Saya harus turun tangan."

Itu adalah keputusan yang menurut banyak sumber membuat Perlmutter marah, yang mempertahankan gelar ketua Marvel Entertainment, tetapi tidak akan mengawasi anggaran studio film atau proses kreatif.

Perlmutter, yang menurut teman-temannya kecewa dengan kinerja keuangan Disney di bawah mantan kepala eksekutifnya, Bob Chapek, mengambil langkah yang tidak biasa dengan menghubungi anggota dewan dan eksekutif Disney beberapa kali tahun lalu untuk mengadvokasi Peltz untuk bergabung dengan dewan, menurut pengajuan peraturan.

Peltz dan Perlmutter adalah teman yang melakukan perjalanan di lingkaran sosial yang sama di Palm Beach, Florida.

Orang dalam Disney telah menyatakan ketidakpercayaannya pada pekerjaan Perlmutter atas nama pemegang saham aktivis. Seorang penasihat luar perusahaan hiburan mengatakan Perlmutter mungkin termotivasi oleh kemarahannya melihat perannya di perusahaan berkurang.

The New York Times pertama kali melaporkan pemecatan Perlmutter.

KEYWORD :

Ike Perlmutter Walt Disney Marvel Entertaiment




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :