Sabtu, 27/04/2024 18:19 WIB

Banjir Rendam Lawan Sawah, Mentan Syahrul: Di Balik Bencana Pasti Ada Hikmahnya

Ada empat kecamatan yang terdampak paling parah, salah satunya Kecamatan Cilebat seluas 2.485 hektare.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo kembali memantau salah satu daerah yang terparah terdampak banjir di Desa Ciptamargi Kecamatan Cilebar, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (2/3).

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo kembali memantau salah satu daerah yang terparah terdampak banjir di Desa Ciptamargi Kecamatan Cilebar, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (2/3).

Hujan yang terus terjadi dari enam hari lalu membuat air di irigasi meluap dan mengenang persawahan petani. "Di balik semua bencana pasti ada hikmah yang besar, saya mewakili pemerintah hadir untuk memberi support kepada bapak ibu," tutur Mentan Syahrul.

Mentan Syahrul berharap banjir tidak menurunkan semangat para petani. "Saya minta seluruh Dirjen saya untuk bantu petani disini," perintahnya. "Kita akan turunkan pompa-pompa besar bagi daerah yang masih bisa diselamatkan."

Mentan pun akan terus memantau banjir setiap hari melalui Agriculture War Room (AWR) di Jakarta.  "Satu minggu ke depan akan kita pantau, setelah mulai surut secepatnya kita lakukan tanam ulang," tutur dia.

Untuk lahan yang terdampak parah, kata mantan gubernur Sulawesi Selatan ini, Kementan akan mengganti benih padi secara gratis dan mesin pompa air.

Hanafi Asisten II bidang perekonomian Kabupaten Karawang yang mewakili bupati Karawang mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Mentan SYL atas bantuan dan kepedulian yang diberikan.

Saat ini Karawang memang sudah menetapkan status tanggap darurat banjir.

Tercatat ada sebanyak 6.879 hektare dari pertanaman se Kabupaten Karawang yang tergenang. Ada empat kecamatan yang terdampak paling parah, salah satunya Kecamatan Cilebat seluas 2.485 hektare.

Hanafi yakin dengan dukungan Pemerintah pusat yang diwakili oleh Kementan dapat memberikan semangat lebih bagi para petani yang terkena musibah.

 

KEYWORD :

Banjir Rendam Lawan Sawah Karawang Jawa Barat Syahrul Yasin Limpo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :