Rabu, 15/05/2024 09:27 WIB

China Dituding Sediakan Senjata ke Rusia, Begini Respons Joe Biden

China mempertimbangkan untuk memberikan dukungan mematikan ke Moskow mulai dari amunisi hingga senjata itu sendiri.

Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden berbicara melalui telepon untuk kedua kalinya tahun ini. (Foto: AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengatakan Jumat (24/2) bahwa dia tidak "mengantisipasi inisiatif besar" dari China untuk menyediakan senjata ke Rusia dalam perangnya melawan Ukraina.

Komentarnya muncul beberapa hari setelah Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken mengatakan kepada CBS bahwa China mempertimbangkan untuk memberikan dukungan mematikan ke Moskow mulai dari amunisi hingga senjata itu sendiri.

Dalam wawancara luas televisi dengan ABC News, meliput upayanya untuk terpilih kembali dan perang di Ukraina, yang ditayangkan Jumat malam, Biden tampaknya mundur dari komentar Blinken.

"Saya tidak mengantisipasi - kami belum melihatnya - tetapi saya tidak mengantisipasi inisiatif besar dari pihak China yang menyediakan persenjataan ke Rusia," katanya.

Biden menjelaskan bahwa dalam percakapannya dengan Presiden China, Xi Jinping musim panas lalu, dia menjelaskan apa konsekuensi dari penyediaan senjata ke Rusia.

"Tanpa desakan pemerintah, 600 perusahaan Amerika meninggalkan Rusia - dari McDonald`s ke Exxon - secara keseluruhan," katanya kepada Xi.

"Dan saya berkata, `Jika Anda terlibat dalam kebrutalan yang sama, mendukung kebrutalan yang sedang terjadi, Anda mungkin menghadapi konsekuensi yang sama.`"

Ketika didesak apakah China akan "melewati batas" jika Beijing memberikan senjata ke Rusia, Biden mengatakan Amerika Serikat "akan merespons".

"Itu akan menjadi garis yang sama yang akan dilewati semua orang. Dengan kata lain, kami akan menjatuhkan sanksi berat pada siapa pun yang telah melakukannya."

Sekutu Ukraina telah berusaha menggunakan sanksi dan larangan perdagangan untuk menghambat kemampuan Rusia memperoleh lebih banyak senjata atau memproduksinya di dalam negeri menggunakan komponen impor.

Pada hari Jumat, peringatan pertama invasi Rusia, para pemimpin Kelompok Tujuh negara industri mengatakan negara mana pun yang bersekongkol dengan Moskow dengan memberikan dukungan material dalam perangnya akan menghadapi kerugian besar.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Satu Tahun Invasi Rusia ke Ukraina Joe Biden Amerika Serikat China Xi Jinping




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :