Jum'at, 03/05/2024 03:16 WIB

Jokowi: Pers Buka Harapan Orang Seperti Saya Jadi Presiden

Dia mengatakan awak media sejak awal telah berkontribusi besar dalam menyuarakan ajakan perjuangan kemerdekaan, 

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku memiliki sejumlah pengalaman pribadi dengan para insan pers di Indonesia. Pengalaman itu didapat sejak menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden RI.

Hal itu Jokowi sampaikan dalam sambutan pidatonya pada puncak peringatan hari pers nasional 2023 yang digelar di Gedung Serbaguna, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (9/2).

"Saya ke sana ke mari, ngruntang-runtung, saya jalan bareng ke kampung, ke pasar, ke desa, ke nelayan dengan rekan-rekan wartawan," kata Jokowi.

"Dan terbukti insan pers telah membuka harapan orang biasa seperti saya bisa menjadi presiden," tambahnya.

Dia mengatakan awak media sejak awal telah berkontribusi besar dalam menyuarakan ajakan perjuangan kemerdekaan, menyuarakan inovasi-inovasi pembangunan, dan menjadi penopang utama demokratisasi.

Namun demikian, Jokowi menilai dunia pers saat ini sedang tidak baik-baik saja. Salah satunya karena gempuran teknologi informasi yang menyebabkan maraknya pemberitaan di berbagai platform media sosial (medsos) yang menurutnya tidak bertanggung jawab.

"Karena masyarakat kebanjiran berita dari medsos dan media digital lainnya, termasuk platform-platform asing. Dan umumnya tidak beredaksi atau dikendalikan AI (Artificial Intelligence). Algoritma raksasa digital cenderung mementingkan sisi komersial saja," kata Jokowi.

"Algoritma raksasa digital cenderung mementingkan Sisi komersial saja dan hanya akan mendorong konten-konten recehan yang sensasional," tambahnya.

Jokowi pun menyampaikan ucapan Selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers di Tanah Air. Jokowi juga mencermati pentingnya mendorong pers yang bertanggung jawab hingga pentingnya dukungan pemangku kepentingan terhadap media arus utama

Turut hadir dalam acara itu ialah jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, jajaran pimpinan lembaga negara, duta besar negara sahabat, dan insan pers dari seluruh daerah.

KEYWORD :

Presiden Jokowi Joko Widodo Hari Pers National




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :