Jum'at, 03/05/2024 04:24 WIB

Pakar Hematologi-Onkologi Tekankan Pentingnya Skrining Kanker

Pakar hematologi-onkologi tekankan pentingnya skrining kanker

Acara peringatan Hari Kanker Sedunia bertajuk `Close the care gap: Siloam initiates massive breast cancer early detection to save more lives` di kawasan Karet Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa, (07/02/23).

Jakarta, Jurnas.com - Dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi-onkologi dari RS Siloam, dr Jeffry Beta Tenggara, SpPD - KHOM menekankan pentingnya skrining untuk mengetahui kanker.

Hal tersebut disampaikan Jeffry dalam acara peringatan Hari Kanker Sedunia bertajuk "Close the care gap: Siloam initiates massive breast cancer early detection to save more lives” di kawasan Karet Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa, (07/02/23).

“Skrining kanker adalah hal yang wajib dan penting dilakukan oleh setiap masyarakat untuk mendeteksi kemunculan kanker sejak dini,” ujarnya. 

Pasalnya, Jeffry menuturkan, meskipun terdapat kemajuan dalam penanganan kanker, di Indonesia ternyata masih banyak masyarakat yang belum dapat mengakses atau mendapatkan layanan kanker yang layak sehingga menyebabkan banyaknya kematian karena kanker.

"Selain itu, beberapa faktor lain seperti kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara reguler, rasa takut melakukan skrining, keterbatasan masyarakat dari sisi finansial untuk melakukan skrining kanker serta kurangnya tenaga ahli jadi pemicunya," ujar Jeffry.

Lebih spesifik, Jeffry yang tergabung dalam Perhimpunan Ahli penyakit dalam Indonesia (PAPDI) itu menilai, kanker masih dianggap sebagai penyakit yang menghabiskan biaya mahal. “Bahkan, untuk skrining membuat masyarakat enggan,” tutur Jeffry.

Karenanya, Chief Operating Officer RS Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) Siloam Semanggi, dr. Edy Gunawan berharap, melalui peringatan Hari Kanker Sedunia 2023, semuanya dapat mengambil peran dan langkah untuk memastikan gap atau kesenjangan terhadap penanggulangan kanker dapat ditutup.

“Sehingga setiap individu bisa mengakses layanan kanker serta mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan, kapan pun dan di mana pun mereka berada,” harapnya.

“Mari kita bergandeng tangan dengan mengajak kerabat, teman, keluarga, rekan kerja, serta komunitas untuk ikut bergerak dalam membuat perubahan yang lebih baik menuju Indonesia yang lebih sehat,” pungkas Gunawan.

KEYWORD :

Skrining Kanker deteksi dini kanker MRCCC Jeffry Beta Tenggara Siloam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :