Jum'at, 26/04/2024 20:54 WIB

Sekutu Barat Janjikan Roket Presisi dan Sistem Rudal ke Ukraina

Uni Eropa (UE) juga setuju untuk memperkenalkan batasan harga pada produk minyak bumi Rusia untuk mencoba lebih jauh membatasi peti perang Presiden Rusia Vladimir Putin dengan menargetkan ekspor utamanya.

Tentara Ukraina menyiapkan howitzer M777 yang dipasok AS untuk ditembakkan ke posisi Rusia di wilayah Kherson, Ukraina, 9 Januari 2023. (AP Photo/Libkos)

JAKARTA, Jurnas.com - Sekutu Barat telah menjanjikan roket presisi dan sistem rudal ke Ukraina setelah Presiden Volodymyr Zelenskyy meminta senjata canggih untuk membantu mempertahankan kendali atas kota timur Bakhmut yang diperangi.

Uni Eropa (UE) juga setuju untuk memperkenalkan batasan harga pada produk minyak bumi Rusia untuk mencoba lebih jauh membatasi peti perang Presiden Rusia Vladimir Putin dengan menargetkan ekspor utamanya.

Pengumuman pada Jumat datang tak lama setelah Zelenskyy mengatakan pada pertemuan puncak dengan para pemimpin Uni Eropa di Kyiv," Tidak ada yang akan menyerahkan Bakhmut. Kami akan berjuang selama kami bisa."

"Jika senjata (pengiriman) dipercepat – yaitu senjata jarak jauh – kami tidak hanya tidak akan menarik diri dari Bakhmut, kami akan mulai mengambil alih Donbas," sambungn dia tentang wilayah di timur Ukraina.

Amerika Serikat (AS) mengumumkan paket senjata dan amunisi baru senilai $2,2 miliar, yang menurut Pentagon termasuk bom presisi berpeluncur roket baru yang hampir dapat menggandakan jangkauan serangan Ukraina terhadap pasukan Rusia.

Bom berdiameter kecil yang diluncurkan dari darat (GLSDB), yang dapat terbang hingga 150 kilometer (93 mil), dapat mengancam jalur pasokan utama Rusia, depot senjata, dan pangkalan udara jauh di belakang garis depan.

Ukraina telah meminta amunisi Washington yang dapat terbang lebih jauh dari roket HIMARS, yang memiliki jangkauan 80 km.

GLSDB berpotensi memberi pasukan Kyiv kemampuan untuk menyerang di mana saja di sebagian wilayah Donetsk, Luhansk, Zaporizhia, dan Kherson yang diduduki Rusia, dan bagian utara Krimea yang diduduki.

Kementerian pertahanan Prancis mengatakan Prancis dan Italia akan mengirimkan sistem rudal darat-ke-udara seluler sebagai tanggapan atas permintaan mendesak dari Kyiv untuk membantu melindungi "penduduk sipil dan infrastruktur dari serangan udara Rusia".

Sistem, yang disebut MAMBA atau SAMP, adalah baterai rudal jarak menengah yang dipasang di kendaraan yang dirancang untuk menawarkan perlindungan dari ancaman udara seperti rudal dan pesawat berawak atau tidak berawak.

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengatakan senjata itu akan “membantu kami menyelamatkan ribuan nyawa” dari serangan Rusia.

Kyiv juga meminta jet tempur.

Jerman telah mendapatkan janji dari Barat untuk pengiriman tank tempur modern dan, setelah berbulan-bulan ragu-ragu, Jerman mengizinkan pengiriman tank Leopard 1.

Batas harga produk minyak Rusia

Di Brussel, negara-negara UE sepakat untuk membatasi harga produk minyak sulingan Rusia untuk menyertai embargo pengiriman produk melalui kapal yang mulai berlaku pada hari Minggu.

"Duta besar Uni Eropa hari ini menyetujui batas harga produk minyak bumi menjelang adopsi akhir oleh Dewan Eropa (mewakili negara anggota UE)," tulis kepresidenan Swedia untuk Uni Eropa di Twitter pada hari Jumat.

UE pada bulan Desember memberlakukan embargo pada minyak mentah Rusia yang masuk melalui laut dan, bersama dengan mitranya G7, menetapkan batas $60 per barel untuk ekspor di seluruh dunia.

Embargo kedua di seluruh Uni Eropa, pada bahan bakar Rusia, akan mulai berlaku pada hari Minggu. Ini akan menargetkan produk minyak olahan Rusia seperti bensin, solar, dan bahan bakar pemanas yang tiba di kapal.

Pada saat yang sama, UE dan kelompok negara demokrasi kaya G7 juga telah sepakat untuk mengenakan batasan harga pada pengiriman Rusia dari produk tersebut ke pasar global.

Batas harga berfungsi dengan menetapkan batas atas biaya bahan bakar yang dapat diangkut dengan kapal UE.

Kepresidenan Uni Eropa Swedia mengatakan batas harga adalah "kesepakatan penting sebagai bagian dari tanggapan berkelanjutan oleh Uni Eropa dan mitra untuk perang agresi Rusia melawan Ukraina".

Itu tidak merinci tingkat batas harga untuk berbagai produk minyak bumi.

Kantor berita Reuters mengutip para diplomat UE yang mengatakan batas harga yang disepakati adalah $100 per barel untuk produk yang diperdagangkan dengan harga premium dibandingkan minyak mentah, seperti solar, dan $45 per barel untuk produk yang diperdagangkan dengan diskon, seperti bahan bakar minyak. Usulan itu mereka terapkan mulai hari Minggu.

Polandia dan negara-negara Baltik Latvia, Lituania dan Estonia telah mendorong batas atas ditetapkan pada tingkat yang lebih rendah untuk mengekang pendapatan Rusia dari bahan bakar, kata para diplomat, menyeret pembicaraan selama berhari-hari.

Menetapkan level adalah masalah sensitif karena Barat tidak ingin memotong pasokan Rusia ke pasar dunia sepenuhnya dan membuat harga global melonjak.

Kremlin mengecam UE sebelum embargo diberlakukan, bersikeras itu akan "menyebabkan ketidakseimbangan lebih lanjut dari pasar energi internasional".

"Kami mengambil langkah-langkah untuk melindungi kepentingan kami terhadap risiko yang terkait," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

Perang Moskow di Ukraina telah memberikan peringatan keras bagi UE, yang selama bertahun-tahun bergantung pada bahan bakar fosil murah dari Rusia untuk menggerakkan industrinya.

Brussel mengatakan embargo minyak mentah telah membuat blok itu memotong sekitar 90 persen impor Rusia, setelah pengecualian diberikan untuk pasokan yang mengalir melalui pipa ke negara-negara yang terkurung daratan seperti Hungaria.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada hari Kamis memperkirakan selama kunjungan ke Kyiv bahwa batas harga yang ada pada minyak Rusia telah merugikan Moskow sekitar 160 juta euro ($175 juta) setiap hari.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Roket Presisi Sekutu Barat Amerika Serikat Uni Eropa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :