Senin, 29/04/2024 09:41 WIB

Hasil Polling Debat Pilkada DKI, Ahok-Djarot Posisi Pertama

Hasil Polling debat Pilkada DKI putaran kedua, Ahok-Djarot di posisi pertama, menyusul Anies-Sandi dan Agus-Sylvi di peringkat dua dan tiga.

Pasangan Ahok-Djarot

Jakarta - Institute for Transformation Studies (Intrans) kembali merilis hasil polling debat Pilkada DKI Jakarta Seri Kedua. Hasilnya tidak jauh berbeda dengan polling pertama. Ahok-Djarot di posisi pertama, menyusul Anies-Sandi dan Agus-Sylvi di peringkat dua dan tiga.

"Nyaris sama dengan hasil polling debat pertama,  dalam polling Intrans kali ini Ahok-Djarot sebagai pasangan yang paling disukai dengan dukungan 83,7 %, disusul Anies-Sandi di posisi kedua dengan dukungan 12,1 %, sementara Agus-Sylvi dengan dukungan 4,2 % harus puas di peringkat terakhir. Dalam kasus seperti ini, dimana posisi dukungan sudah stabil, maka bisa dipastikan Ahok-Djarot akan memenangkan Pilkada DKI Jakrta," demikian Andi Saiful Haq, Direktur Intrans menjelaskan.

Survei Intrans ini diikuti oleh 4.020 responden yang berusia lebih dari 18 tahun dan berdomisili di DKI Jakarta. Intrans tetap menggunakan Facebook Survei sebagaimana Polling pertama.

"Facebook sudah menyediakan layanan survei yang bisa digunakan untuk mengukur banyak hal. Kelebihannya karena data responden bisa diverifikasi. Makanya tidak ada kekhawatiran ada permainan akun palsu akan mempengaruhi hasil polling," Andi menambahkan.

Intrans merupakan lembaga riset yang pertamakali meyakini bahwa Pikada DKI Jakarta hanya berlangsung satu putaran dengan kemenangan Ahok-Djarot.

"Ya coba kita hitung, pengguna Facebook DKI Jakarta itu sekitar 4-5 juta orang, kami sudah survei berkali-kali dan hasilnya sama sekitar 75-85%. Lima juta pengguna FB itu sudah sekitar 60% pemilih DKI Jakarta. Jika dikonversi ya Ahok akan memenangkan Pilkada di angka 55-60%," tegas Andi.

KEYWORD :

Debat Cagub DKI Polling Intrans




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :