Senin, 29/04/2024 20:38 WIB

Badan Bahasa Tetapkan "Metaverse" Jadi Kata Tahun Ini

Badan Bahasa Tetapkan

Taklimat media Badan Bahasa tentang Kata Tahun Ini (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) menetapkan `metaverse` sebagai Kata Tahun Ini (KTI).

Penetapan `metaverse` sebagai KTI didasarkan pada beberapa pertimbangan, antara lain daftar kata terpopuler menurut KBBI, frekuensi kemunculan di Google Trends, penanda berbagai peristiwa, penggunaan kata di berbagai kalangan, dan keluasan distribusi kata.

Metaverse atau padanan dari metamesta, secara penggalan terdiri dari meta yang berarti: perubahan, transformasi, melampaui, di atas, atau berada di tingkat yang lebih tinggi; dan semester yang bermakna seluruh, segenap, semuanya, seluruh dunia, dan universal.

"Metasemesta menurut KBBI adalah ruang realitas virtual dalam lingkungan tiga dimensi yang dihasikan melalui program komputer," terang Kepala Badan Bahasa Kemdikbudristek, Endang Aminudin Aziz dalam taklimat media `Kata Tahun Ini dan Capaian Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Tahun 2022` di Bintaro, pada Jumat (23/12).

Aminudin menambahkan bahwa kata kini pertama kali tercatat di KBBI pada April 2022, dan merupakan usulan dari masyarakat.

Konsep metaverse muncul dari kencangnya laju transformasi digital yang meningkatkan perhatian masyarakat dan pemerintah terhadap ruang virtual. Hal ini ditandai dengan peluncuran Jagat Nusantara pada 29 Oktober 2022, sebuah platform digital media sosial, perdagangan daring, media olahraga, serta hiburan masa depan.

Topik ini juga banyak dibicarakan sejak beberapa tahun terakhir dan kian populer tahun ini. Bahkan, metaverse menjadi tren di kalangan masyarakat Asia Tenggara, dengan lebih dari 5,9 juta percakapan yang terekam di media sosial.

"Dalam rangka pengutamaan Bahasa Indonesia, Badan Bahasa perlu memperkenalkan padanan dari metaverse, yaitu metamesta kepada masyarakat. Untuk itulah, ditambah pertimbangan tersebut, metamesta ditetapkan menjadi Kata Tahun Ini," tutup Aminudin.

KEYWORD :

Kata Tahun Ini Metaverse Metamesta Badan Bahasa Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :