Senin, 29/04/2024 02:29 WIB

AS Sediakan Sistem Rudal Patriot untuk Ukraina

AS Sediakan Sistem Rudal Patriot untuk Ukraina.

Sistem pertahanan udara Patriot menembakkan rudal selama latihan di Taiwan pada tahun 2006. (Foto: AFP/Sam Yeh)

JAKARTA, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) mengatakan pihaknya akan memberi Ukraina sistem pertahanan udara Patriot yang canggih untuk membantu melawan serangan udara tanpa henti Moskow.

Sistem ini merupakan bagian dari bantuan US$1,85 miliar yang diluncurkan bersamaan dengan kunjungan ke Washington oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak Rusia menginvasi pada Februari.

Pengumuman tersebut merupakan kemenangan signifikan bagi Kyiv, yang telah berulang kali mendorong Washington untuk sistem Patriot, dan tanda kuat dukungan AS untuk Ukraina.

"Bantuan hari ini untuk pertama kalinya mencakup Sistem Pertahanan Udara Patriot, yang mampu menjatuhkan rudal jelajah, rudal balistik jarak pendek, dan pesawat terbang pada ketinggian yang jauh lebih tinggi daripada sistem pertahanan udara yang disediakan sebelumnya," kata Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken dalam sebuah pernyataan.

Paket bantuan keamanan termasuk satu baterai Patriot, yang terdiri dari pusat komando, stasiun radar untuk mendeteksi ancaman yang masuk, dan peluncur rudal. Ini juga mencakup puluhan ribu peluru artileri, roket dan amunisi tank, sistem mortir, peluncur granat, dan pelindung tubuh.

Pertahanan udara Ukraina telah memainkan peran kunci dalam melindungi negara dari serangan dan mencegah pasukan Moskow menguasai langit.

Tetapi karena Rusia menghadapi kemunduran yang semakin meningkat di lapangan, Rusia mulai secara sistematis menargetkan infrastruktur penting di Ukraina dalam serangan yang telah mengganggu listrik, air, dan panas bagi jutaan orang.

Dibuat oleh Raytheon, MIM-104 Patriot adalah sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM) yang awalnya dikembangkan untuk mencegat pesawat yang terbang tinggi.

Patriot dimodifikasi pada 1980-an untuk fokus pada ancaman baru rudal balistik taktis, dan membuktikan dirinya melawan Scud buatan Rusia Irak dalam Perang Teluk pertama - pertama kali sistem itu digunakan dalam pertempuran.

Sementara Rusia tidak menggunakan banyak rudal balistik selama perangnya di Ukraina, Washington mengatakan Moskow telah membahas untuk mendapatkannya dari Iran.

"Tidak seperti sistem Barat lainnya yang telah diberikan ke Ukraina, (Patriot) memiliki beberapa kemampuan rudal anti-balistik (tergantung pada jenis rudal yang digunakan)," kata Karl Mueller, seorang ilmuwan politik senior di RAND Corporation, kepada AFP.

"Jika Rusia memperoleh sejumlah besar rudal balistik dari Iran, seperti yang diprediksi banyak orang, sebagian besar sistem pertahanan udara Ukraina lainnya tidak akan memberikan perlindungan apa pun terhadap mereka," tambahnya.

Patriot telah terbukti efektif di Arab Saudi melawan rudal balistik rancangan Iran yang ditembakkan dari Yaman, dan kontraktor utama Raytheon mengatakan sistem tersebut telah mencegat lebih dari 150 rudal balistik dalam pertempuran sejak 2015.

Ketika Rusia menginvasi pada bulan Februari, pertahanan udara Ukraina sebagian besar terdiri dari pesawat era Soviet dan sistem SAM, yang digunakan Kyiv secara efektif untuk menolak superioritas udara Moskow.

Mereka telah diperbesar secara signifikan sejak awal perang: AS menyediakan NASAMS dan Jerman IRIS-T - dua sistem canggih - sementara peralatan yang lebih tua seperti sistem S-300 dan HAWK serta rudal Stinger juga telah disumbangkan.

Kyiv telah menggunakan berbagai sistem untuk melawan rudal jelajah Moskow dan pesawat tak berawak Shahed-136 yang mirip bom, tetapi peluncur dan rudal sistem SAM modern - termasuk NASAMS - kekurangan pasokan.

Tujuan pendukung internasional Ukraina adalah untuk membangun pertahanan udara berlapis-lapis untuk negara yang terdiri dari sistem ketinggian rendah, sedang, dan tinggi yang dapat melindungi dari berbagai ancaman.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Amerika Serikat Sistem Rudal Patriot Perang Rusia dan Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :