Minggu, 05/05/2024 02:22 WIB

LS Vinus Soroti Profesionalisme KPU dalam Rekrutmen PPK

LS Vinus Soroti Profesionalisme KPU dalam Rekrutmen PPK

Gedung Komisi Pemilihan Umum (Foto: Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Lembaga Studi Visi Nusantara (LS Vinus) menyoroti proses seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang saat ini digelar secara serentak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Koordinator Nasional LS Vinus, Deni Gunawan mengungkapkan, saat berlangsungnya tes Computer Asistent Test (CAT) banyak terjadi kendala teknis di beberapa daerah, di antaranya listrik padam, server lemot, dan gangguan internet.

"Kami mendapat laporan dari beberapa daerah bahwa banyak kendala teknis dalam proses pelaksanaan CAT, seperti kendala listrik padam di daerah Sukoharjo, server bermasalah di beberapa daerah Provinsi Lampung, dan keterbatasan server dan masalah jaringan internet di Magetan," ungkap Deni kepada Jurnas.com pada Rabu (14/12).

Selain masalah teknis dalam proses CAT, lanjut Deni, ada masalah substansial dalam rekrutmen PPK yang harus di evaluasi oleh KPU. Misalnya, ada peserta yang nilainya tidak diumumkan tetapi lolos.

"Kami mendapat aduan dari masyarakat di Kota Tangerang ada peserta yang nilainya tidak keluar di lembaran pengumuman nilai oleh KPU Kota Tangerang, tapi lolos. Nah ini menjadi pertanyaan publik kenapa dia tidak dibuka nilainya sementara yang lain dibuka. Ada dugaan muncul jangan-jangan ada main mata dalam proses rekrutmen PPK," ujar dia.

Deni menambahkan, dalam kasus lain terdapat mantan caleg yang belum lima tahun dari proses pencalonanya, berhasil lolos sampai ke tahap CAT.

"Ini terjadi di Kabupaten Bogor. Agak aneh, orang yang sama bermasalah di kasus Panwascam Kabupaten Bogor bisa lolos juga di rekrutmen PPK KPU Kabupaten Bogor," kecam Deni.

Deni meminta kepada KPU agar benar-benar profesional dan hati-hati dalam proses rekrutmen badan AD-HOC ini. Meskipun rekrutmen badan AD-HOC adalah non tahapan pemilu, tetapi peran dan fungsi mereka vital dalam integritas dan kesuksesan pemilu.

KEYWORD :

Komisi Pemilihan Umum LS Vinus Deni Gunawan Rekrutmen PPK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :