Rabu, 15/05/2024 21:48 WIB

Terpilih Jadi Panglima TNI, Laksamana Yudo Komit Jaga Netralitas TNI di Pemilu 2024

TNI sejak dulu tugasnya berperang. Saya akan jamin netralitas TNI dalam Pemilu 2024.

Panglima TNI terpilih Laksamana Yudo Margono (dua dari kanan) dalam konferensi pers di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (13/12). (Foto: Humas DPR)

Jakarta, Jurnas.com - Laksamana Yudo Margono berterima kasih sudah disahkan menjadi Panglima TNI terpilih oleh DPR RI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun akhir Desember 2022.

Dia berjanji akan melanjutkan dan meningkatkan program-program strategis Jenderal Andika Perkasa.

“Dan ke depan sesuai dengan kehendak rakyat sesuai tugas dan fungsi Panglima TNI, akan saya laksanakan dengan penuh tanggung jawab,” kata Laksamana Yudo dalam konferensi pers di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (13/12).

Hadir dalam konferensi pers itu, Ketua DPR Puan Maharani dan sejumlah pimpinan lain. Salah satunya, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin).

Laksamana Yudo lalu merinci hal-hal prioritas yang akan dilakukannya usai dilantik sebagai Panglima TNI. Salah satunya mengenai program pengamanan daerah-daerah rawan seperti di perbatasan serta terkait dengan persoalan Laut Cina Selatan dan Papua.

“Lalu kami akan evaluasi kondisi sekarang ini. Kalau bagus dilanjutkan, kalau ada yang kurang-kurang akan dilengkapi untuk ke depan menjadi lebih bagus,” urainya.

Tak hanya itu, Laksamana Yudo juga memastikan netralitas TNI dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

“TNI sejak dulu tugasnya berperang. Saya akan jamin netralitas TNI dalam Pemilu 2024,” tegas Laksamana Yudo.

DPR RI resmi mengesahkan Laksaman Yudo Margono menjadi Panglima TNI memggantikan Jenderal Andika Perkasa. Pengesahan diambil dalam Rapat Paripurna DPR Ke-12 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani yang didampingi Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Muhaimin Iskandar, Rachmat Gobel, dan Lodewijk Paulus.

"Apakah laporan Komisi I DPR atas hasil fit and proper test calon Panglima TNI tentang pemberhentian dengan hormat Jenderal Andika perkasa dari Panglima TNI dan pengangkatan Laksamana Yudo Margono jadi Panglima TNI dapat disetujui?" tanya Puan di ruang rapat paripurna DPR RI, Selasa 13 Desember 2022.

Serentak seluruh anggota DPR yang hadir menjawab setuju. Persetujuan tersebut merupakan langkah akhir menuju pelantikan Yudo sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

KEYWORD :

Warta DPR Panglima TNI Yudo Margono Pemilu 2024 program strategis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :