Senin, 29/04/2024 08:08 WIB

Industri

Pemerintah Diminta Stop Impor Alat Transportasi

Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO) meminta kepada pemerintah stop mengimpor alat-alat transportasi dari luar negeri. Pasalnya, industri bus dan karoseri lokal dianggap mampu bersaing dalam memenuhi permintaan dalam negeri.

Konferensi Pameran RailwayTech Indonesia 2017 bersama ASKARINDO / Alim

Jakarta – Ketua Umum Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO), Sommy Lumadjeng meminta pemerintah stop mengimpor alat-alat transportasi dari luar negeri. Pasalnya, industri bus dan karoseri lokal dianggap mampu bersaing dalam memenuhi permintaan dalam negeri.

Menurut Sammy, selain membangkitkan gairah industri karoseri lokal, dengan kepercayaan pemerintah menggunakan produk anak bangsa, maka akan menumbuhkan industri-industri karoseri baru yang dapat memancing penyerapan tenaga kerja.

“Penggunaan bus-bus dan karoseri lokal dapat menciptakan persaingan yang menguntungkan bagi pertumbuhan ekonomi. Hindari impor bus atau truk dari luar negeri,” ujar Sammy dalam jumpa pers persiapan pameran RailwayTech Indonesia 2017, di Jakarta, Selasa (24/1).

Lebih lanjut Sammy menyayangkan jika pemerintah terus mengimpor alat transportasi, sedangkan beberapa negera berkembang justru mengincar Indonesia sebagai pemasok karoseri.

“Bangladesh dan Pakistan pernah komunikasi ke saya untuk memesan karoseri dari Indonesia. Bahkan sekelas Korea Selatan sedang mempertimbangkan Indonesia sebagai pemasok karoseri mereka, ungkapnya.

ASKARINDO merupakan perkumpulan karoseri se-Indonesia yang memiliki spesialis pada bus, truk dan kendaraan khusus lainnya. Hingga saat ini, dari 519 industri karoseri yang ada, 220 di antaranya sudah bergabung dengan ASKARINDO.

Pameran RailwayTech Indonesia 2017 yang dimotori GEM Indonesia rencananya akan digelar pada 29 Maret hingga 1 April mendatang. Pameran ini berbarengan dengan penyelenggaraan Indonesia International Bus and Truck (IIBT), yang merupakan pameran dagang bus dan truk berskala internasional. Diperkirakan terdapat 1.100 perusahaan, 35 ribu pengunjung dari 35 negara akan berpartisipasi dalam acara tersebut.

Selain mendatangkan ASKARINDO yang siap memamerkan produksi karoseri lokal, GEM Indonesia juga menggaet INCUBUS 2017 yang akan memeriahkan pameran ini dengan koleksi bus-bus klasik dan unik dari berbagai brand besar di setiap periode, mulai 1950 hingga 1990-an.

 

KEYWORD :

ASKARINDO Karoseri RailwayTech Indonesia 2017




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :