Sabtu, 27/04/2024 20:25 WIB

Kominfo dan Kemdagri Luncurkan Model MOOC untuk LMS ASN

Kominfo dan Kemdagri Luncurkan Model MOOC untuk LMS ASN

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) meluncurkan model pembelajaran Massive Open Online Course (MOOC) Literasi Digital dalam Learning Management System (LMS) Sistem Informasi Kompetensi Unggul Aparatur Terintegrasi (Sikuat) milik Kemdagri.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah meningkatkan pemahaman literasi digital di segmen pemerintahan, dan juga salah satu target nasional Kemenkominfo meningkatkan kualitas sistem layanan masyarakat serta mewujudkan transformasi digital Indonesia.

Selain melakukan metode pembelajaran secara tatap muka, Kemenkominfo berkolaborasi dengan Kemdagri dalam menyediakan sarana pembelajaran literasi digital pada LMS Sikuat milik Kemdagri yang dapat diakses kapanpun, di manapun, dan melalui perangkat apapun.

Bonifasius Wahyu Pudjianto selaku Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo menyampaikan, MOOC Literasi Digital yang diluncurkan adalah kolaborasi yang luar biasa antara Direktorat Pemberdayaan Informatika dari Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika dengan BPSDM Kemdagri.

"Tidak lupa MOOC atau Massive Open Online Course Literasi Digital Sektor Pemerintah juga memberikan bentuk contoh konkrit transformasi digital yang dikolaborasikan antara Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kominfo," ujar dia.

Sugeng Hariyono selaku Kepala BPSDM Kemdagri dalam sambutannya mengapresiasi usaha Kemenkominfo, yang telah membantu Kemdagri dalam melakukan kegiatan literasi digital kepada ASN, sejalan dengan PP Nomor 17 tahun 2020 yang mengamanatkan bahwa setiap PNS punya hak dan kewajiban untuk dikembangkan kompetensinya minimal 20 Jam Pelajaran (JP).

"Menurut pengalaman dalam penilaian reformasi birokrasi terkait indeks kompetensi pegawai, kami mengakui bahwa hal ini tidaklah mudah. Oleh karena itu, ketika Kemenkominfo mengajak kami melakukan literasi digital melalui MOOC, ini merupakan tawaran yang harus didukung karena melalui hal inilah, target itu dapat tercapai," jelas dia.

KEYWORD :

Literasi Digital Kemkominfo Kemdagri LMS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :