Senin, 29/04/2024 04:30 WIB

Jakarta Muslim Fashion Week Jadi Ajang Vokasi Unjuk Gigi

Jakarta Muslim Fashion Week Jadi Ajang Vokasi Unjuk Gigi

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek, Kiki Yuliati (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - 60 rancangan busana peserta didik vokasi akan ditampilkan ajang fesyen Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023. Kegiatan yang bakal berlangsung di ICE BSD Tangerang pada 20-22 Oktober 2022 itu, digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek.

Bertajuk `Mahakarya Vokasi Adi Busana`, JMFW 2023 menjadi momentum bagi satuan pendidikan vokasi baik sekolah menengah kejuruan (SMK) maupun perguruan tinggi vokasi (PTV).

Dirjen Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, mengatakan ajang JMFW diharapkan menjadi ajang unjuk gigi bahwa rancangan vokasi setara dengan para desainer ternama Tanah Air.

"Kami menyambut baik kesempatan ini, dan langsung bergerak untuk mencari talenta-talenta, baik di SMK maupun perguruan tinggi vokasi yang memiliki kompetensi keahlian dan prodi di bidang tata busana. Dengan waktu yang sangat terbatas, terpilihlah 60 looks atau koleksi yang lolos kurasi JMFW 2023," kata Kiki dalam konferensi pers daring pada Selasa (19/10).

Di sisi lain, lanjut Kiki, JMFW juga bermaksud memperkuat industri fesyen yang saat ini berkembang pesat. Pendidikan vokasi berpeluang besar memenuhi kebutuhan SDM di bidang fesyen, melalui beragam kompetensi keahlian dan program studi yang tersedia, baik di jenjang SMK, perguruan tinggi vokasi, maupun lembaga kursus dan pelatihan.

Sebanyak 60 looks atau koleksi yang berhasil lolos dalam proses kurasi. Salah seorang kurator, Yosepin Sri Ningsih mengatakan, proses kurasi meliputi mood board, desain, hingga penataan gaya.

Dia berharap, melalui kegiatan JMFW 2023 ini insan vokasi semakin terbiasa dan memiliki pengalaman sehingga menciptakan mitra-mitra baru dari luar negeri yang berkeinginan belajar fesyen di Indonesia.

"Dengan adanya kolaborasi dari hulu ke hilir, serta dukungan pemerintah, saya yakin Indonesia bisa menjadi leader dalam industri ini," terang Yosepin.

Satuan pendidikan yang terlibat dalam JMFW 2023 ialah Politeknik Negeri Media Kreatif, Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Universitas Kristen Maranatha, Akademi Seni Rupa dan Desain ISWI Jakarta, SMK NU Banat Kudus, SMK Syubbanul Wathon Magelang, SMK Negeri 3 Malang, SMK Negeri 7 Malang, SMK Negeri 1 Buduran, dan SMK Negeri 3 Blitar.

KEYWORD :

Jakarta Muslim Fashion Week JMFW 2023 Dirjen Vokasi Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :