Senin, 06/05/2024 02:03 WIB

Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Wisata Religi di Dalam Negeri

Sandiaga Uno ajak masyarakat wisata religi di dalam negeri

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (Dokumentasi Humas Kemenparekraf)

Jakarta, Jurnas.com - Wisatawan muslim lokal Diminta untuk mempertimbangkan berwisata di dalam negeri daripada ke luar negeri, seperti ke Turki. Hal ini, untuk mendongkrak perekonomian di tengah kondisi dunia saat ini. Hal tersebut, disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam telekonferensi, Rabu (21/09/2022).

Sandi mengatakan, saat ini pemerintah tengah melakukan pengembangan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Di mana pada lima DPSP itu Kemenparekraf menerbitkan buku panduan ramah muslim bagi para wisatawan. Kelima destinasi DPSP yang ramah muslim itu di antaranya Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

"Kita akan gunakan sarana sosialisasi dan promosi, kita penetrasi lebih jauh ke pasar wisata muslim lokal dulu nih yang berbondong-bondong pada ke Turki pada ke destinasi lainnya. Kenapa mereka sebelum berumroh, sebelum mereka menunaikan wisata religi di luar negeri mempertimbangkan untuk wisata religi di dalam negeri," ujar Sandi.

Adapun dengan kelima destinasi wisata super prioritas itu diharapkan wisatawan muslim lokal akan berwisata di dalam negeri. "Hastag di Indonesia saja, yang kita terapkan dengan prinsip CHSE (cleanliness, health, safety, environment) yang sebetulnya cocok dengan prinsip halalan toyiban," ujar mantan Wakil Gubernur DKI ini.

Mantan Ketua Umum BPP HIPMI ini melanjutkan, untuk kebijakan pariwisata halal tersebut berorientasi pada penambahan layanan. Hal itu sudah menjadi fokus Kemenparekraf sejak 18 bulan terakhir.

"Dan alhamdulillah meningkatkan kembali, kita sempat terlempar dari tiga besar, saya sangat konsen. Alhamdulillah kita diberikan peringkat nomor dua tapi kita tidak boleh berhenti harus bergandengan tangan masuk ke peringkat pertama," jelasnya.

 

KEYWORD :

Sandiaga Uno Wisatawan Muslim wisata religi dalam negeri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :