Sabtu, 27/04/2024 02:26 WIB

Israel Tuding Iran Gunakan Fasilitas Suriah Produksi Senjata

Israel tuding Iran gunakan fasilitas Suriah produksi senjata.

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz tiba untuk menghadiri rapat kabinet pertama beberapa hari setelah anggota parlemen membubarkan parlemen, di Yerusalem, pada 3 Juli 2022. (Foto: Gil Cohen-Magen/Pool via REUTERS)

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Israel, Benny Gantz mengatakan bahwa Iran telah menggunakan lebih dari 10 fasilitas militer di Suriah untuk memproduksi rudal dan senjata canggih untuk proksinya.

Selama beberapa tahun, Israel telah meningkatkan serangan terhadap apa yang disebutnya sebagai target terkait Iran di Suriah.

Tidak ada komentar langsung dari Iran dan Suriah pada Senin. Namun, Damaskus telah menolak untuk mengomentari tuduhan tersebut di masa lalu dan Teheran telah membantahnya membangun kemampuan produksi di Timur Tengah.

Berbicara pada sebuah konferensi di New York, Gantz mempresentasikan peta dari apa yang dia katakan sebagai situs militer Center D`Etudes et de Recherches Scientifiques (CERS), sebuah badan pemerintah Suriah, yang terlibat dalam pembuatan rudal dan senjata untuk Iran.

"Iran mengubah CERS menjadi fasilitas produksi untuk rudal dan senjata jarak menengah dan jarak jauh, yang diberikan kepada Hizbullah dan proksi Iran. Dengan kata lain, itu menjadi satu lagi front Iran – sebuah pabrik untuk senjata strategis canggih," kata Gantz.

Serangan yang dikaitkan dengan Israel baru-baru ini meningkat di bandara Suriah untuk mengganggu peningkatan penggunaan jalur pasokan udara Teheran untuk mengirimkan senjata ke sekutu di Suriah dan Lebanon, termasuk Hizbullah, sumber diplomatik dan intelijen regional mengatakan kepada Reuters.

Serangan Israel telah berulang kali menargetkan daerah Masyaf, sebuah zona di distrik Hama barat di mana Gantz mengatakan fasilitas produksi senjata bawah tanah mengancam Israel dan wilayah tersebut.

"Masyaf secara khusus digunakan untuk memproduksi rudal canggih," katanya.

Gantz menambahkan bahwa Iran juga bekerja untuk membangun industri rudal dan senjata di Lebanon dan Yaman. "Jika tren ini tidak dihentikan, dalam satu dekade, akan ada industri Iran yang maju di seluruh kawasan, memproduksi senjata dan menyebarkan teror," katanya.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Iran Israel Benny Gantz Bandara Suriah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :