Sabtu, 27/04/2024 03:02 WIB

Hadapi Persaingan Global, Ini Pesan Mendag Zulhas ke Mahasiswa

Hadapi persaingan global, ini pesan Mendag Zulhas ke Mahasiswa

Mendag Zulhas beri kuliah Umum kepada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta. (Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Generasi muda penerus bangsa sangat penting mempersiapkan diri dengan intelektual dan spiritual untuk menghadapi persaingan global saat ini. Hal ini disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan atau biasa disapa Zulhas di depan 4.000 Mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Jakarta, Senin (12/9/22).

"Hidup itu dari lahir hingga besar merupakan kompetisi. Dunia cepat sekali berubah. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh belajar agar bisa ikut bersaing secara nasional maupun global," ujar Zulhas, Senin.

Zulhas juga menyampaikan, hidup adalah pilihan yakni untuk berlomba mencapai prestasi sebaik-baiknya dan selalu berkompetisi. Menurutnya, terdapat tiga kategori hidup, Pertama sekedar hidup yakni dilengkapi indra dan nafsu.

Kedua, hidup sebagai manusia merdeka yang dilengkapi akal dan rasa. Ketiga, hidup sebagai manusia yang berpikir, yaitu menggunakan akal secara optimal sehingga menghasilkan ilmu yang berguna.

Generasi muda, lanjut Zulhas, harus produktif dengan memiliki target peta jalan yang jelas dan daya juang. Dengan sungguh-sungguh dan dengan daya juang nanti hasilnya dapat terukur. "Generasi muda harus produktif mempunyai ukuran target karena akan menentukan masa depan Indonesia," ujar Zulhas.

Ketua Umum PAN itu juga mengajak mahasiswa untuk terus bersyukur karena dapat menikmati pendidikan hingga bangku kuliah. "Yakni dengan belajar bersungguh-sungguh, sekuat tenaga, sepenuh hati agar bisa mendapatkan hasil optimal," ujar Zulhas.

Sementara dalam sambutannya, Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ma`mun Murod Al-Barbasy berharap, mahasiswa baru UMJ ke depan menjadi mahasiswa istimewa bukan mahasiswa biasa. "Mahasiswa istimewa dengan indeks prestasi bagus, ibadahnya bagus, serta aktif di kampus sehingga memberikan nilai positif setelah lulus," ujarnya

 

 

 

KEYWORD :

Mendag Zulkifli Hasan Generasi muda mahasiswa persainhgan global




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :