Minggu, 28/04/2024 23:37 WIB

Yang Terjadi Detik-detik Ratu Elizabeth II Tutup Usia

Yang Terjadi Detik-detik Ratu Elizabeth II Tutup Usia

Ratu Elizabeth II (Foto: ID News)

London, Jurnas.com - Aroma kegelisahan jelas terasa di Istana Buckingham sejak Selasa (7/9) lalu. Dokter kerajaan mengaku khawatir dengan kesehatan Ratu Elizabeth II yang kian memburuk.

Bahkan, sebuah buletin medis yang belum pernah ada sebelumnya, 48 jam sebelum pukul 16.30 waktu Inggris, dikeluarkan oleh Istana Buckingham. Dikatakan, ratu yang berusia 96 tahun berada dalam pengawasan medis di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Kamis (8/9), anggota dewan Inggris berkumpul di parlemen untuk menyimak pidato Perdana Menteri Liz Truss, yang mengumumkan pembekuan tagihan energi selama dua tahun. Dan pada pukul 16.30 waktu setempat, Truss diberitahu bahwa ratu telah wafat.

Beberapa menit sebelum ratu meninggal, Pangeran Charles mengumumkan bahwa dia dan istrinya, Camilla, telah tiba di Kastil Balmoral. Putri ratu, Putri Anne, juga diyakini tiba di Balmoral tepat waktu. Keduanya berada di sisi ratu ketika dia meninggal pada Kamis sore.

Dikutip dari BBC pada Jumat (9/9), anggota keluarga kerajaan lainnya, menghadapi perjalanan panjang dan akhirnya tidak berhasil dari London.

Pangeran William, dan dua putra ratu lainnya, Pangeran Andrew dan Edward yang tiba bersama istrinya Edwards dan Sophie, tiba di Aberdeen dengan pesawat RAF khusus pada sore hari.

William, yang kini berstatus sebagai ahli waris, kemudian mengemudikan mobilnya sejauh 80 kilometer (50 mil) menuju Balmoral.

Sayangnya, ketika para bangsawan itu tiba di gerbang Balmoral tepat setelah pukul 5.00 sore, mereka sudah terlambat. Begitu pula Pangeran Harry, putra kedua Pangera Charles, masih dalam perjalanan dari London.

Juru bicara Harry dan Meghan sempat mengumumkan bahwa keduanya akan malkukan perjalanan ke Balmoral. Namun, Harry akhirnya pergi sendirian ke Balmoral. Meghan diduga takut tidak disambut hangat oleh anggota kerajaan lainnya.

Pada akhirnya, istana tidak mengungkapkan penyebab ratu meninggal dunia sebagai salah satu tradisi. Istana menegaskan bahwa Ratu Elizabeth II tutup usia dalam keadaan damai.

KEYWORD :

Ratu Elizabeth II Inggris Meninggal Dunia Tutup Usia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :