Jum'at, 26/04/2024 14:48 WIB

Seluruh Pejabat di Kabupaten Gresik Dikukuhkan Jadi Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting

Seluruh Pejabat di Kabupaten Gresik dikukuhkan jadi Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengukuhkan sejumlah pejabat publik dan tokoh masyarakat di Kabupaten Gresik sebagai Bapak Asuh dan Bunda Asuh Anak Stunting.

JAKARTA, Jurnas.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengukuhkan sejumlah pejabat publik dan tokoh masyarakat di Kabupaten Gresik sebagai Bapak Asuh dan Bunda Asuh Anak Stunting.

Pengukuhan yang digelar di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Kabupaten Gresik pada Kamis (1/9) itu disaksikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Sejumlah pejabat yang dikukuhkan sebagai Bapak Asuh Anak Stunting adalah Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Danrem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, Dandim 0817 Gresik Letkol Inf. Ahmad Saleh Rahanar, Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis, Ketua DPRD Gresik Much. Abdul Qodir, Ketua Pengadilan Negeri Gresik Agus Walujo Tjahjono, Ketua Pengadilan Agama Gresik Sugiri Permana, dan Kepala Kejaksaan Negeri Gresik Muhamad Hamdan Saragih.

Sedangkan pengukuhan Bunda Asuh Anak Stunting terhadap Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dan Ketua Tim Penggerak PKK Gresik Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad.

Jenderal Dudung sendiri sebelumnya telah dikukuhkan sebagai Duta Bapak Asuh Anak Stunting oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo pada 29 Juni 2022.

Setelah dikukuhkan, Jenderal TNI Dudung lalu melantik Panglima Kodam (Pangdam) di sejumlah daerah sebagai Bapak Asuh Anak Stunting.

Jenderal Dudung juga memerintahkan Komandan Rayon Militer dan jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk melihat dan mencari anak-anak stunting untuk dilakukan intervensi.

Menurut Jenderal Dudung, salah satu tugas pokok TNI adalah membantu masyarakat, terutama pasca terjadinya Pandemi COVID-19.

"Banyak masyarakat yang terdampak. Ada wilayah yang belum terjangkau air bersih. Kita ikut mengantisipasi berbagai dampaknya salah satunya stunting. Sehingga kita lakukan berbagai kegiatan bekerjasama dengan BKKBN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, bersama membantu pemerintah daerah," kata Jenderal Dudung.

Khofifah yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan pencegahan stunting harus dimulai dari usia remaja.

"Mulai remaja harus melakukan pola hidup sehat. Jadi life cycle-nya mulai dari remaja, kemudian masuk pada proses pernikahan. Kalau dimulai pada proses kehamilan itu sudah terlambat. Life cycle hidup sehat ini sangat penting,” kata Khofifah.

Menurut Khofifah, dirinya menyambut baik sinergi lintas sektor melalui program Bapak Asuh dan Bunda Asuh Anak Stunting.

"Bagaimana yang sudah terlahir stunting? Referensi Bapak KSAD harus ada Bapak Asuh dan Bunda Asuh. Terima kasih telah membangun sinergi yang luar biasa. Ini bisa jadi referensi semua pihak bagaimana kita bergotong royong menangani permasalahan serius salah satunya stunting," ujar Khofifah.

Untuk Jawa Timur data Survei Status Gizi Balita Indonesia terakhir adalah 23,5 persen. Sedangkan di Gresik sudah di bawah rata-rata nasional yaitu 23 persen.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur Maria Ernawati menjelaskan, program Bapak Asuh Anak Stunting merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan peran lintas sektor dan seluruh elemen masyarakat dalam percepatan penurunan stunting.

Menurut Erna, hingga saat ini laporan dari 7 wilayah Kabupaten dan kota di Jawa Timur tercatat 400 anak yang sudah didampingi melalui Program Bapak Asuh Anak Stunting.

"Tentu masih akan terjadi perkembangan, bahkan pihak swasta dan lembaga sosial begitu antusias untuk berperan aktif dalam Bapak Asuh Anak Stunting. Untuk ikut dalam program Bapak Asuh Anak Stunting, persyaratan pendampingan ini minimal selama 6 bulan," kata Erna.

Selain pengukuhan Bapak Bunda Anak Stunting di WEP juga dilaksanakan pelayanan pemeriksaan kesehatan, pemberian vaksinasi booster dan pelayanan KB implan.

KEYWORD :

Kabupaten Gresik Bapak Asuh Anak Stunting Khofifah Indar Parawansa Dudung Abdurachman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :