Jum'at, 03/05/2024 11:32 WIB

Pengguna Google Chrome Diminta Segera Perbarui Browser

Pengguna Google Chrome diminta segera perbarui browser.

Logo baru Google Chrome. (Foto: Ist)

JAKARTA, Jurnas.com -  Tim Tanggap Darurat Komputer Singapura (SingCERT) mengatakan, pengguna Google Chrome harus segera menginstal pembaruan keamanan terbaru, menyusul laporan bahwa peretas mengeksploitasi kelemahan kerentanan tingkat tinggi.

Google tidak memberikan informasi lebih lanjut, tetapi merilis Chrome 104.0.5112.101 untuk Mac dan Linux, dan Chrome 104.0.5112.102/101 untuk Windows untuk mengatasi berbagai kerentanan.

Kerentanan tingkat tinggi dieksploitasi di alam liar, atau aktif dan dapat ditemukan di perangkat milik pengguna biasa.

Perbaikan keamanan untuk bug ini termasuk dalam pembaruan yang saat ini sedang diluncurkan, dan pengguna yang mengaktifkan pembaruan otomatis diharapkan akan menerimanya dalam beberapa hari atau minggu mendatang, menurut situs web teknologi Bleeping Computer.

SingCERT telah menyarankan pengguna Google Chrome di komputer Windows, Mac dan Linux untuk segera menginstal pembaruan keamanan terbaru.

Pengguna juga dianjurkan untuk mengaktifkan fungsi pembaruan otomatis di Chrome untuk memastikan bahwa perangkat lunak mereka segera diperbarui.

Kerentanan adalah masalah keamanan dengan tingkat keparahan tinggi yang terkait dengan "Intents" - fitur yang memungkinkan peluncuran aplikasi dan layanan web langsung dari halaman web, Bleeping Computer melaporkan.

Kerentanan ini dilaporkan pada 19 Juli oleh Ashley Shen dan Christian Resell dari Google Threat Analyst Group.

Google mengatakan menyadari bahwa eksploitasi untuk bug ada di alam liar, tetapi dapat membatasi akses ke detail dan tautan bug hingga sebagian besar pengguna diperbarui dengan perbaikan.

"Kami juga akan mempertahankan batasan jika bug ada di perpustakaan pihak ketiga yang bergantung pada proyek lain, tetapi belum diperbaiki," tambahnya.

Sumber: CNA

KEYWORD :

SingCERT Google Chrome Diretas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :