Rabu, 15/05/2024 12:57 WIB

KPK Habiskan Rp65 Miliar Bangun Rupbasan di Lahan Rampasan Koruptor

Rupbasan dengan tinggi empat lantai ini berdiri diatas tanah seluas 7.831 meter persegi.

Ketua KPK Firli Bahuri meresmikan Gedung Rupbasan. Foto: Istimewa

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meresmikan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan dan Barang Rampasan (Rupbasan) di Jalan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (10/8).

Rupbasan dengan tinggi empat lantai ini berdiri diatas tanah seluas 7.831 meter persegi. Gedung ini merupakan aset bekas milik terpidana korupsi mantan Ketua DPRD Bangkalan Fuad Amin Imran.

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan jika pembangunan Rupbasan yang berlokasi di Cawang, Jakarta Timur ini menghabiskan anggaran Rp65 miliar dari rencana awal Rp78 miliar.

"Gedung ini atau Rupbasan rencana anggaran dibutuhkan Rp78 miliar, tapi dalam perjalanannya kita bisa menghemat menjadi Rp65 miliar," kata Firli saat meresmikan Gedung Rupbasan KPK, Rabu (10/8).

Gedung ini akan dipergunakan untuk merawat dan menyimpan aset-aset yang dirampas dari hasil tindak pidana korupsi. Gedung ini dapat menyimpan 180 unit kendaraan roda empat, 12 unit kendaran besar dan 120 unit kendaraan bermotor.

Selain itu, Gedung ini digunakan untuk penyimpanan barang bukti berupa dokumen, surat berharga, emas/perhiasan, barang elektronik, dan luxury goods seperti tas mewah, sepatu mewah, dan pakaian.

"Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Presiden RI. Berdirinya gedung ini tak akan pernah terwujud kalau tidak ada respons dari Bapak Presiden Joko Widodo," ujar Firli.

Adapun acara peresmian Rupbasan ini dihadiri oleh empat pimpinan KPK, pejabat struktural KPK,Hakim Agung Mahkamah Agung (MA) Profesor Surya Jaya, dan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni.

Kemudian Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) I Nyoman Adhi Suryadnyana, Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Febrie Adriansyah,dan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Reynhard Silitonga.

KEYWORD :

KPK Peresmian Gedung Rupbasan Barang Rampasan Anggaran Pembangunan




JURNAS VIDEO :



PILIHAN REDAKSI :