Jum'at, 26/04/2024 16:52 WIB

Amnesty International Sebut Pangkalan Militer Ukraina Bahayakan Warga Sipil

Amnesty International sebut pangkalan militer Ukraina Bahayakan warga sipil

Seorang anggota angkatan bersenjata Ukraina menggunakan monocular termal pada posisi artileri dekat Donetsk, di wilayah Donetsk, Ukraina, pada 22 Mei 2022. (Foto: REUTERS/Carlos Barria)

JAKARTA, Jurnas.com - Amnesty International mengatakan, pasukan Ukraina telah membahayakan warga sipil dalam perang yang terjadi dengan Rusia. Hal ini mendirikan pangkalan militer di daerah pemukiman, termasuk di sekolah dan rumah sakit.

Dalam sebuah laporan yang dirilis pada Kamis, Amnesty International mengatakan tim peneliti menemukan bukti pasukan Ukraina melancarkan serangan dari dalam daerah pemukiman penduduk, serta mendasarkan diri mereka di gedung-gedung sipil di 19 kota dan desa di tiga wilayah negara itu antara April dan Juli.

Investigasi kelompok hak asasi selama berminggu-minggu mendokumentasikan contoh pasukan Ukraina yang mendirikan pangkalan militer de facto di lima rumah sakit dan di 22 dari 29 sekolah yang dikunjungi timnya di seluruh Donbas timur, Kharkiv timur laut, dan wilayah Mykolaiv selatan.

Meskipun sekolah-sekolah Ukraina telah ditutup sejak invasi Rusia pada 24 Februari, sebagian besar dekat dengan lingkungan perumahan.

"Taktik seperti itu melanggar hukum humaniter internasional dan membahayakan warga sipil, karena mereka mengubah objek sipil menjadi target militer. Serangan Rusia berikutnya di daerah berpenduduk telah membunuh warga sipil dan menghancurkan infrastruktur sipil," kata Amnesty, menambahkan bahwa pasukan Rusia telah menyerang banyak sekolah yang ditemukan telah digunakan oleh pasukan Kyiv.

Amnesty International mencatat bahwa hukum humaniter internasional mengharuskan pihak-pihak yang berkonflik untuk menghindari penempatan, sejauh mungkin, tujuan militer di dalam atau di dekat daerah berpenduduk padat.

Laporan itu menambahkan sebagian besar daerah pemukiman di mana tentara Ukraina ditemukan bermarkas terletak beberapa kilometer dari garis depan perang.

Dikatakan, alternatif yang layak telah tersedia seperti pangkalan militer atau daerah berhutan lebat di dekatnya, yang tidak akan membahayakan warga sipil.

"Kami telah mendokumentasikan pola pasukan Ukraina yang menempatkan warga sipil dalam risiko dan melanggar hukum perang ketika mereka beroperasi di daerah berpenduduk," kata Sekretaris Jenderal Amnesty, Agnes Callamard.

"Berada dalam posisi defensif tidak membebaskan militer Ukraina dari menghormati hukum humaniter internasional," sambungnya.

Pada saat yang sama, kelompok hak asasi menekankan praktik militer Ukraina dalam menemukan sasaran militer di daerah berpenduduk sama sekali tidak membenarkan serangan Rusia tanpa pandang bulu.

Rusia dituduh secara rutin menargetkan warga sipil sebagai bagian dari serangannya, yang menewaskan ribuan orang, menyebabkan miliaran dolar kerusakan infrastruktur Ukraina, dan memaksa jutaan orang meninggalkan rumah mereka. Moskow telah membantah melakukannya.

Sementara itu, Kyiv membantah laporan  Amnesty International, yang mengandalkan laporan saksi, citra satelit dan penginderaan jauh, mengkritiknya sebagai tidak adil.

"Perilaku Amnesty International ini bukan tentang menemukan dan melaporkan kebenaran kepada dunia, ini tentang menciptakan kesetaraan palsu – antara pelaku dan korban, antara negara yang menghancurkan ratusan dan ribuan warga sipil, kota, wilayah, dan negara yang mati-matian mempertahankan dirinya sendiri," kata Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba dalam sebuah video yang diunggah di Facebook.

Seorang ajudan utama Presiden Volodymyr Zelenskyy, Mykhailo Podolyak, mengatakan bahwa melindungi nyawa warga sipil adalah prioritas bagi Ukraina, mengutip upaya Kyiv untuk mengevakuasi non-pejuang dari daerah garis depan.

"Satu-satunya hal yang menjadi ancaman bagi Ukraina adalah tentara algojo dan pemerkosa (Rusia) yang datang untuk melakukan genosida,” tweetnya. "Pembela kami melindungi negara dan keluarga mereka."

Podolyak juga menuduh Amnesty berpartisipasi dalam apa yang dia gambarkan sebagai kampanye disinformasi dan propaganda Rusia, yang katanya bertujuan mendiskreditkan militer Ukraina dalam upaya mencegah para pendukung negara itu untuk terus memasoknya dengan senjata.

Moskow, pada bagiannya, menyoroti laporan itu tampaknya cocok dengan klaim sebelumnya bahwa pejuang Ukraina telah mengambil posisi di wilayah sipil.

"Kami membicarakannya sepanjang waktu, menyebut tindakan angkatan bersenjata Ukraina sebagai taktik menggunakan penduduk sipil sebagai `perisai manusia`," Maria Zakharova, juru bicara kementerian luar negeri Rusia, mengatakan dalam sebuah posting Telegram.

Media pemerintah Rusia dan pro-Kremlin juga secara ekstensif mengutip laporan tersebut.

Sebuah laporan terpisah bulan lalu oleh Human Rights Watch mengidentifikasi tiga kesempatan di mana pasukan Ukraina bermarkas di antara rumah-rumah penduduk dan empat kali ketika pasukan Rusia mendirikan pangkalan militer di daerah-daerah berpenduduk Ukraina.

Sumber: Aljazeera

KEYWORD :

Amnesty International Ukraina Bahayakan Warga Sipil Rusia Agnes Callamard




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :