Senin, 06/05/2024 06:48 WIB

Sahroni Soal Permintaan Maaf Polri Atas Intimidasi Wartawan: Harus Jamin Kebebasan Pers

Wakil Ketua Komisi III DPR RI asal Fraksi Partai Nasdem, Ahmad Sahroni sangat menyayangkan intimidasi terhadap wartawan.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Jakarta, Jurnas.com - Tragedi penembakan antar polisi di kediaman Kadiv Propam Mabes Polri Irjen Ferdy Sambo berbuntut panjang. Setelah publik mempertanyakan kejanggalan kronologi kejadian, wartawan juga diduga mengalami intimidasi saat tengah melakukan peliputan di komplek Duren Tiga, Jakarta Selatan.
 
Atas insiden tersebut, Wakil Ketua Komisi III DPR RI asal Fraksi Partai Nasdem, Ahmad Sahroni sangat menyayangkan intimidasi terhadap wartawan tersebut. Mengingat kebebasan pers adalah salah satu elemen penting yang harus dijaga di negara demokrasi.
 
“Sangat disayangkan bagaimana intimidasi ini bisa terjadi ya, karena para wartawan kan hanya menjalankan tugasnya. Bahkan ada undang-undang pers yang melindungi mereka dari berbagai intimidasi dan ancaman ketika bertugas. Karenanya saya menyesalkan jika justru kejadian seperti ini dilakukan oleh kepolisian. Ke depannya, polisi harus bisa lebih humanis terhadap insan pers khususnya, maupun masyarakat pada umumnya,” kata Sahroni, kepada wartawan, Jakarta, Jumat (15/7).
 
Meski menyesalkan, Sahroni tetap mengapresiasi permintaan maaf Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Menurutnya, permintaan maaf ini harus dibarengi dengan jaminan bahwa tak akan ada lagi intimidasi serupa terhadap jurnalis di DPR.
 
“Tentu kami di Komisi III mengapresiasi permintaan maaf dari kepolisian yang cepat dilakukan, hanya selang satu hari. Artinya polisi dalam hal ini tidak abai dan antikritik. Meski begitu, kita harus pastikan bahwa permintaan maaf ini juga dibarengi dengan jaminan untuk menjalankan tugas dengan aman dan tenang bagi teman-teman wartawan,” demikian Sahroni.
KEYWORD :

Ahmad Sahroni Komisi III DPR Polri Minta Maaf Intimidasi Wartawan Polisi Tembak Polisi Polri Ir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :