Minggu, 05/05/2024 02:26 WIB

Mendag Minta Pelaku Usaha Beli TBS Minimal di Harga Rp 1.600 per Kg

Mendag minta pelaku usaha beli TBS minimal di harga Rp 1.600 per kg.

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan di sela dialog dengan petani sawit yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Provinsi Lampung di Desa Merak Batin, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (9/7).

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menegaskan, pemerintah meminta pelaku usaha membeli harga tandan buah segar (TBS) sawit paling sedikit seharga Rp 1.600 per kg.

Hal tersebut disampikan saat berdialog dengan petani sawit yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Provinsi Lampung di Desa Merak Batin, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (9/7).

"Kami berdialog dengan petani sawit mengenai apa saja permasalahan yang ada. Kami juga menyampaikan kepada para petani, pelaku usaha telah diminta membeli TBS paling sedikit di harga Rp 1.600 per kg," kata Mendag Zulhas, sapaan Mendag Zulkifli.

Pada kesempatan tersebut, Zulhas juga menyampaikan, pemerintah terus berupaya mendorong percepatan ekspor Crude Palm Oil (CPO). Harapannya, tangki CPO segera kosong dan TBS petani kembali diserap.

"Kemendag terus mendorong ekspor CPO agar tangki-tangki CPO kembali kosong dan TBS petani dapat diserap kembali. Kami ingin hasil dari sawit ini dirasakan betul manfaatnya, baik oleh petani, pengusaha, dan konsumen," kata Zulhas.

Saat berdialog, Ketua DPW Apkasindo Provinsi Lampung Abdul Simanjuntak menyampaikan, para petani sawit mengharapkan solusi pemerintah untuk membantu menaikkan harga TBS.

"Kami mengharapkan Menteri Perdagangan dapat membantu memperbaiki harga TBS untuk menopang kesejahteraan petani," kata Abdul.

Dalam kunjungan kali ini, Mendag Zulhas juga meninjau Pabrik Kelapa Sawit Bekri milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 7. Zulhas mengetahui, saat ini pabrik-pabrik pengolahan kelapa sawit membeli TBS masih di bawah harga TBS minimum yang direkomendasikan pemerintah.

Untuk itu, mantan Ketua MPR itu memastikan akan terus menyosialisasikan kepada para pengusaha untuk membeli TBS di harga Rp 1.600 per kg atau lebih.

Selain meninjau pabrik pengolahan kelapa sawit, Zulhas juga menyempatkan diri meninjau pasar murah minyak goreng kemasan rakyat, Minyakita di Bandar Lampung, Pesawaran, dan Lampung Selatan.

Total terdapat 7.000 liter Minyak yang didistribusikan di pasar murah tersebut.

 

KEYWORD :

Zulkifli Hasan Tandan Buah Segar TBS Sawit




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :