Rabu, 15/05/2024 18:57 WIB

AS akan Kirim Sistem Rudal Canggih ke Ukraina

AS akan kirim sistem rudal canggih ke Ukraina.

Presiden AS Joe Biden terlihat setelah memberikan sambutan di Rose Garden Gedung Putih di Washington, AS, 19 Mei 2022. REUTERS/Evelyn Hockstein

JAKARTA, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) mengatakan akan mengirim dua sistem rudal permukaan-ke-udara NASAMS, empat radar kontra-artileri, dan sekitar 150.000 butir amunisi artileri 155mm untuk membantu Ukraina tersebut memerangi invasi Rusia.

Pentagon pada Jumat mengatakan, tambahan pengiriman ini akan datang sebagai bagian dari paket bantuan terbaru AS untuk Ukraina, yang diumumkan Presiden AS, Joe Biden pada pertemuan para pemimpin NATO dan diperkirakan berjumlah sekitar $820 juta.

Paket yang diumumkan pada hari Kamis juga dilaporkan akan mencakup lebih banyak amunisi untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS).

AS berharap bantuan terbarunya akan meningkatkan perlawanan Ukraina ketika Rusia mendorong maju dengan kampanye serangan rudal jarak jauh yang telah mengguncang kota-kota Ukraina dan serangkaian keberhasilan Rusia di wilayah timur Ukraina.

Rusia telah menjadikan provinsi Ukraina timur Donetsk dan Luhansk sebagai fokus serangannya, berharap untuk memaksa Kyiv menyerah pada harapannya untuk merebut kembali kendali mereka dari Rusia.

Dukungan militer AS membawa kontribusi totalnya pada upaya perang Ukraina menjadi hampir $7 miliar sejak Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari, menyebabkan kematian dan perpindahan besar-besaran di Ukraina dan ketidakstabilan di pasar global dan rantai pasokan.

"Kami akan mendukung Ukraina selama itu diperlukan," kata Presiden AS Joe Biden minggu ini pada konferensi pers selama KTT NATO di Madrid.

Biden mengatakan, AS memberi Ukraina kapasitas sehingga mereka dapat terus melawan agresi Rusia. "Jadi saya tidak tahu bagaimana ini akan berakhir, tetapi itu tidak akan berakhir dengan kekalahan Rusia atas Ukraina di Ukraina," ujarnya.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada AS dan kepada Biden atas paket dukungan untuk Ukraina yang diumumkan hari ini, yang mencakup NASAMS, sistem rudal anti-pesawat yang secara signifikan akan memperkuat pertahanan Kyiv.

"Saya sangat berterima kasih hari ini kepada AS dan kepada Biden secara pribadi atas paket dukungan untuk Ukraina yang diumumkan hari ini. Kami telah bekerja keras untuk persediaan ini," kata Zelenskyy.

Sebagian besar bantuan yang diumumkan secara resmi pada hari Jumat akan memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk mencapai Ukraina, kata The Associated Press.

Sementara AS tetap menjadi penyumbang terbesar bagi upaya perang Ukraina, negara-negara lain juga telah meningkatkan bantuan. Turki telah mempersenjatai Ukraina dengan drone tempur Bayraktar TB2.

Inggris telah memberikan dukungan lebih dari setengah miliar dolar, termasuk kendaraan lapis baja, rudal anti-tank, sistem pertahanan udara, roket dan bahan peledak.

Kanada juga telah memberikan pasokan senilai lebih dari $200 juta sejak Februari. Ukraina juga telah menerima bantuan dari negara-negara seperti Spanyol, Prancis, Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Denmark, serta beberapa tetangganya, termasuk Polandia dan Slovakia.

Sumber: Aljazeera

KEYWORD :

Amerika Serikat Ukraina Invasi Rusia NASAMS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :