Sabtu, 27/04/2024 03:09 WIB

Kemkominfo Gelar TOT Literasi Digital bagi ASN Kemdagri

Kemkominfo Gelar TOT Literasi Digital bagi ASN Kemdagri

TOT Literasi Digital (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggelar kegiatan Training of Trainers (TOT) Literasi Digital Sektor Pemerintahan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Kegiatan ini diikuti 30 Widyaiswara Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), dan berlangsung sejak 23-25 Juni 2022 di Tangerang Selatan.

TOT bertujuan mendorong ASN mengenal dan mengadopsi teknologi digital, serta diarahkan menjadi trainers untuk mengedukasi literasi digital di sektor pemerintahan dalam mendukung tercapainya target kumulatif sebesar 50 juta orang terliterasi di tahun 2024.

Menurut Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada 2021, Indonesia masih berada dalam kategori `sedang` dengan angka 3.49 dari 5,00.

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo memberikan pelatihan dengan materi yang didasarkan pada empat pilar utama literasi digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Kegiatan TOT dibuka oleh Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto, yang menegaskan bahwa kegiatan ini membuka cakrawala bahwa literasi digital sangat penting.

"Seperti Calistung (Baca, Tulis, dan Hitung) pada saat kita masih kecil, literasi digital tidak bisa lepas dari kehidupan kita pada saat ini," jelas Bonifasius Wahyu Pudjianto.

Laporan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam infografis Statistik Indonesia tahun 2021 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah ASN di Indonesia adalah 4.168.118 orang. Sebanyak 961.629 orang (23 persen) adalah ASN Pusat, 549.353 orang (13 persen) adalah ASN Provinsi, dan 2.657.136 orang (64 persen) adalah ASN Daerah.

Data statistik tersebut menunjukkan bahwa ASN berpotensi sebagai aspek penting dalam percepatan transformasi digital untuk meningkatkan Indeks Literasi Digital Nasional.

Berdasarkan data tersebut, Kemenkominfo bekerja sama dengan berbagai kementerian dan lembaga di tingkat pusat dan daerah untuk mengembangkan kompetensi ASN dan menambah pengetahuan tentang teknologi digital dan perkembangannya.

Kemenkominfo secara resmi memulai ToT Literasi Digital bagi ASN bersama dengan Kemendagri, yang sebelumnya juga dilakukan kolaborasi bersama Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat IV Pengembangan Kompetensi Fungsional dan Teknis BPSDM Kementerian Dalam Negeri, menyambut baik serta antusias kolaborasi dan kerjasama Kemenkominfo dengan Kemendagri, khususnya dalam peningkatan kapasitas literasi digital Widyaiswara.

"Ini momen yang bagus untuk menambah kualitas bagi para Widyaiswara Kemendagri, akan menambah kemampuan dan poin mereka," ujar Dian Andy Permana.

TOT ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo. Program ini menyasar berbagai daerah di Indonesia dan menargetkan 50 juta orang akan mendapatkan literasi digital pada tahun 2024.

KEYWORD :

Kemkominfo Kemdagri TOT Literasi Digital




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :