Senin, 29/04/2024 08:20 WIB

Pengguna Internet di Tanah Air Naik Dua Kali Lipat

Naiknya pengguna internet disebabkan oleh makin luasnya cakupan internet yang diikuti oleh makin terjangkaunya harga smartphone.

Pengguna internet

Semarang - Jumlah pengguna internet Indonesia naik secara signifikan hingga akhir 2016. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)  mencatat, lebih dari 132 juta orang di Tanah Air menggunakan internet.

"Jumlah ini naik lebih dari 50 persen sejak 2015," kata Ketua Lembaga Riset Keamanan Siber dan Komunikasi atau Communication and Information System Security Research Centre (CISSReC) Pratama Persadha di Semarang, Sabtu (31/12),

Menurut dia, naiknya pengguna internet disebabkan oleh makin luasnya cakupan internet yang diikuti oleh makin terjangkaunya harga smartphone. Gawai satu ini memang menjadi alat utama dari interaksi dan komunikasi netizen di Tanah Air, khususnya lewat media sosial dan aplikasi pesan singkat.

Naiknya pemakai internet dengan drastis ini ternyata juga diikuti dengan beberapa peristiwa yang berkait langsung dengan keamanan di dunia maya. Selama 2016, misalnya, ada masalah pada aplikasi GoJek sehingga beberapa kali ada peristiwa hilangnya saldo GoPay pengguna.

Belum lagi, kata Pratama yang juga pakar keamanan siber, Yahoo yang diretas dan 1.000.000.000 akun penggunanya terekspos oleh pihak ketiga. Melihat semangat sumber daya manusia (SDM) lokal dalam menghasilkan aplikasi dan layanan internet, menurut Pratama, relatif cukup besar, perlu diperkuat dengan kesadaran untuk membangun sistem yang aman pula.

Tahun 2016, lanjutnya seperti dilanisr Antara, adalah tahun pembelajaran. Aplikasi dan layanan internet lokal harus membuktikan bahwa keamanan juga menjadi perhatian serius. Oleh karena itu, pada tahun 2017 fokus pada keamanan siber akan meningkat tajam di semua sektor, terutama perbankan yang mulai mengakrabi "fintech".

KEYWORD :




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :