Sabtu, 27/04/2024 03:10 WIB

IAEA: Iran akan Melepas 27 Kamera Pengintai di Fasilitas Nuklirnya

IAEA: Iran akan melepas 27 kamera pengintai di fasilitas nuklirnya. 

Direktur Jenderal IAEA, Rafael Grossi (Foto: AP)

JAKARTA, Jurnas.com - Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Rafael Grossi mengatakan, Iran melepas 27 kamera pengintai di fasilitas nuklir. Hal itu pun menjadi tantangan serius bagi pekerjaan pengawas PBB di Negeri Para Mullah itu.

"Apa yang kami telah diberitahu adalah bahwa 27 kamera ... sedang dihapus di Iran," katanya kepada wartawan. "Jadi ini tentu saja merupakan tantangan serius bagi kemampuan kami untuk terus bekerja di sana."

Grossi mengatakan jika solusi tidak ditemukan dalam tiga hingga empat minggu untuk masalah ini, ini akan menjadi pukulan fatal.

Iran mengumumkan minggu ini bahwa memutuskan beberapa kamera IAEA yang memantau situs nuklirnya untuk mengantisipasi adopsi pengawas dari gerakan kecaman yang dirancang Barat pada hari Rabu.

Teheran pada hari Kamis mengutuk mosi itu sebagai tidak konstruktif dalam pertengkaran baru yang mengaburkan upaya untuk menghidupkan kembali kesepakatan yang membatasi kegiatan nuklirnya.

Grossi mengatakan sekitar 40 kamera tetap berada di republik Islam itu. "Saya mengundang Iran untuk terlibat dengan saya segera... Kami berada dalam situasi yang sangat tegang," kata Grossi.

"Apakah ini berarti ini adalah akhir dari garis? Saya pikir ini seharusnya tidak terjadi. Belum... Semoga emosinya turun sedikit," sambungnya.

Mosi yang diajukan oleh Amerika Serikat (AS), Inggris, Prancis, dan Jerman itu adalah yang pertama mengkritik Iran sejak Juni 2020. Mosi tersebut disetujui oleh 30 dari 35 anggota dewan gubernur IAEA, dengan hanya Rusia dan China yang memberikan suara menentangnya.

Sumber: AFP

KEYWORD :

IAEA Rafael Grossi Fasilitas Nuklir Iran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :