Jum'at, 26/04/2024 09:17 WIB

Israel Disebut Penyebab Utama Konflik dengan Palestina

Israel disebut penyebab utama konflik dengan Palestina.

Seorang anak lelaki Palestina duduk di kursi dengan bendera kebangsaannya menyaksikan pihak berwenang Israel menghancurkan bangunan sekolah di desa Yatta, selatan kota Hebron, Tepi Barat. (Foto/ AFP). (Foto/ AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang terbaru mengungkapkan, pendudukan dan diskriminasi Israel terhadap warga Palestina adalah penyebab utama dari siklus kekerasan yang terus-menerus.

Sebuah tim penyelidik yang ditunjuk tahun lalu oleh Dewan Hak Asasi Manusia PBB untuk memeriksa semua akar penyebab konflik Israel-Palestina mengatakan, Israel jelas tidak berniat untuk mengakhiri pendudukannya atas tanah Palestina.

Pemimpin penyelidik, Navi Pillay mengatakan, rekomendasi PBB sebelumnya telah sangat diarahkan ke Israel, yang merupakan indikator sifat konflik yang tidak simetris dan realitas satu negara menduduki negara lain.

"Rekomendasi-rekomendasi ini sebagian besar belum dilaksanakan," jelasnya.

"Kurangnya implementasi ini ditambah dengan rasa impunitas, bukti jelas bahwa Israel tidak memiliki niat untuk mengakhiri pendudukan, dan diskriminasi yang terus-menerus terhadap warga Palestina yang terletak di jantung berulangnya pelanggaran sistematis di Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur, dan Israel," tuturnya.

Namun, laporan setebal 18 halaman itu menyimpulkan bahwa mengakhiri pendudukan saja tidak akan cukup, dan mendesak tindakan tambahan untuk memastikan bahwa hak asasi manusia diterapkan secara setara.

"Sebuah undang-undang Israel yang menolak naturalisasi bagi orang Palestina yang menikah dengan orang Israel adalah contoh Israel memberikan status sipil, hak, dan perlindungan hukum yang berbeda kepada minoritas Arab," kata laporan itu.

Tahun lalu, PBB membentuk Komisi Penyelidikan setelah perang 11 hari Israel di Gaza pada Mei 2021, yang menewaskan 260 warga Palestina. Israel menolak bekerja sama dengan penyelidikan. Pada Selasa Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan laporan tersebut sepihak."

Namun, juru bicara Otoritas Palestina, Ibrahim Melhem mengatakan kepada Arab News bahwa setiap penyelidikan dan laporan internasional yang mengutuk Israel dan menuntut hukuman diterima.

"Kami meminta PBB untuk tidak menyalahkan dan meminta pertanggungjawaban Israel, untuk menjatuhkan sanksi kepada Israel, dan tidak membiarkannya lolos dari hukuman atas kejahatan yang telah dilakukan terhadap Palestina. Israel merasakan impunitas, dan kurangnya penuntutan dan akuntabilitas dan tidak menjatuhkan sanksi berarti bahwa kejahatan lain akan dilakukan," ujarnya.

Mustafa Barghouti dari Partai Inisiatif Nasional Palestina mengatakan: "Laporan ini berarti awal dari akhir rezim apartheid Israel, karena tidak mungkin lagi pendukung Israel dapat mempertahankannya."

Ammar Hijazi, seorang diplomat di Kementerian Luar Negeri Palestina, mengatakan: "Laporan dan pernyataan tidak lagi cukup dalam menghadapi kejahatan besar-besaran diskriminasi rasial Israel yang dilakukan terhadap Palestina, dan langkah-langkah praktis yang efektif harus diambil untuk mengakhiri ketidakadilan. yang menimpa rakyat Palestina. Saya tidak ingin seribu laporan, tetapi satu langkah ke arah menghentikan penindasan dan mengakhiri pendudukan."

Sumber: Arab News

Penyelidik PBB memperoleh beberapa informasi untuk laporan mereka dari kelompok hak asasi manusia Palestina, Al-Haq. "Mandat yang diberikan kepada mereka oleh Dewan Hak Asasi Manusia untuk menjadi komite permanen yang mencari akar masalah dan bukan untuk periode tertentu tidak ada bandingannya," kata direktur Al-Haq Shawan Jabarin kepada Arab News.

"Untuk pertama kalinya, sebuah komite telah dibentuk yang misinya adalah untuk meneliti pelanggaran dan diskriminasi rasial yang terjadi di dalam Israel. Ketiga anggota komite tersebut memiliki pengalaman panjang dalam meneliti pelanggaran hak asasi manusia dan hukum internasional di tingkat internasional.

"Ini adalah laporan internasional yang penting … dan itu mewakili dan merupakan kemenangan moral bagi Palestina. Ini berfokus pada tidak adanya pertanggungjawaban Israel atas kejahatan yang dilakukan terhadap Palestina. Laporan ini bukanlah akhir dari perjalanan, dan komite akan memiliki peran utama dalam mentransfer laporannya ke ICC.”

KEYWORD :

Israel Palestina PBB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :