Jum'at, 26/04/2024 19:41 WIB

Karnaval Budaya Cinta Pancasila, Ribuan Peserta Hadir di Yogyakarta

Karnival Budaya Cinta Pancasila Meriahkan Bulan Bunga Karno

Djarot Saiful Hidayat saat membuka karnival budaya cinta Pancasila

Yogyakarta, Jurnas.com - Ada yang berbeda di ruas jalan Jenderal Sudirman Kota Yogyakarta, hari Minggu, 5 Juni 2022. Ribuan warga Yogyakarta tampak antusias mengikuti Karnaval Budaya Cinta Pancasila yang diselenggarakan oleh DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta.

"Semangat untuk menggelorakan Pancasila dalam tiap sendi kehidupan kebangsaan, dalam praktek penyelenggaraan pemerintahan penting terus dijalankan, inilah upaya DPC PDI Perjuangan dalam mengisi bulan Bung Karno dan perayaan hari lahir Pancasila 1Juni," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta, Minggu 5/6/2022.

Acara yang digelar PDI Perjuangan Kota Jogja ini dibuka oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat didampingi Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Eko Suwanto.

Gelaran dimeriahkan barongsai, bergodo dan lainnya.

"Saya dukung dan berikan apresiasi PDI Perjuangan Jogja yang terus menggelorakan semangat Bung Karno, Semangat Pancasila," kata Djarot Syaiful Hidayat, Ketua DPP PDI Perjuangan.

Eko Suwanto menjelaskan, mengawali peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni, setetelah upacara dan bakti sosial, DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta menggelar rangkaian Bulan Bung Karno dengan beragam kegiatan.

"Peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni penting diisi dengan praktek nyata dalam kehidupan berbangsa dan penyelenggaraan pemerintahan. DPC PDI Perjuangan gelar peringatan Bulan Bung Karno untuk menggelorakan Pancasila di tanah air," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta.

Melalui rangkaian kegiatan karnaval Budaya Cinta Pancasila, Seminar, Bakti Sosial dan berbagai giat lainnya, peringatan bulan Bung Karno dan hari lahir Pancasila diharapkan bisa menginspirasi dan menjadikan Pancasila sebagai pedoman kehidupan kebangsaan dan penyelenggaraan pemerintahan.

"Kegiatan karnaval diikuti berbagai penampilan seni budaya, ada bregodo, gedruk, tari tarian, termasuk barisan pembawa bendera yang di laksanakan paskibraka," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta.

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta menegaskan komitmen PDI Perjuangan sebagai partai yang berupaya menjalankan tugas kebangsaan, menjaga ruh dan semangat pendidikan bangsa untuk membawa rakyat Indonesia lebih sejahtera.

"PDI Perjuangan mengajak rakyat Indonesia untuk terus menggelorakan Pancasila dalam tiap lini kehidupan kebangsaan. Melalui agenda peringatan Bulan Bung Karno kita ingin berbagi semangat. Selain itu, harapannya penampilan seni budaya ini bisa dilihat dan disenangi masyarakat serta wisatawan," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta.

Ketua Panitia, Susanto Dwi Antoro menambahkan Pawai Budaya Cinta Pancasila ini merepresentasikan bahwa PDI Perjuangan kota Yogyakarta merupakan rumah besar dan sebagai wahana komunikasi bagi seluruh Seniman, sanggar seni dan masyarakat di Kota Yogyakarta yang beragam jenisnya bersifat klasik, konvensional, kontemporer maupun modern, sehingga ke depan njadi fasilitator untuk pengembangan dan tumbuh kembang jenis seni budaya di Kota Yogyakarta.

"Acara pawai budaya cinta Pancasila meneguhkan seniman Kota Yogyakarta selalu Cinta dan mengamalkan Sila Sila Pancasila yang terkandung di teks Pancasila", ujar Susanto Dwi Antoro.

Dedi Jati Setiawan, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Yogyakarta pada kesempatan lain menyebutkan bahwa dalam rangka karnaval budaya Cinta Pancasila yang diselenggarakan DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta , fraksi PDI Perjuangan menyambut baik acara dan berpartisipasi penuh dengan gotong royong berbagai atraksi budaya.

"Fraksi PDI Perjuangan Kota Yogyakarta berikan dukungan penuh pawai budaya Cinta Pancasila, kita bergotong royong dengan tampilkan atraksi beragam kelompok seni," kata Dedi Jati Setiawan. (*)

KEYWORD :

Karnaval Budaya Pancasila Djarot Saiful Hidayat PDI Perjuangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :