Selasa, 07/05/2024 04:02 WIB

Menakar Kekuatan Projo jika Jadi Parpol

Bagaimana kekuatan Projo jika jadi parpol? 

Presiden Joko Widodo saat Rakernas Relawan Projo 2022

Jakarta, Jurnas.com - Relawan Pro Jokowi (Projo) mengklaim bila mereka memiliki kekuatan politik untuk menyongsong gelaran Pilpres 2024 mendatang.

Bahkan, mereka sudah memberikan sinyal akan mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Bagaimana uji materi kekuatan Projo yang punya kedekatan dengan Presiden Jokowi dan sudah cukup lama berada di kekuasaan?

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik Adi Prayitno mengatakan, bila Projo memiliki kekuatan untuk mendukung salah satu pasangan calon, mereka harus berani untuk mendirikan partai politik (parpol).

"Sebaiknya Projo jadi parpol sekaligus uji materi kekuatan politiknya di bawah. Didukung rakyat atau tidak. Selama ini projo mengklaim dekat dan memperjuangkan rakyat," kata Adi kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

Menurut dia, pemilu adalah pembuktian dukungan rakyat. Selain itu, masih ada waktu bagi Projo bikin partai dan verifikasi faktual di KPU.

"Tapi rasanya Projo tak tertarik jadi parpol, terlihat projo lebih nyaman jadi ormas ketimbang jadi parpol. Ormas lebih fleksibel dan bisa klaim kanan kiri."

"Bikin partai itu susah dan rumit. Sudah banyak contohnya partai baru yang dibuat elit negara bubar di tengah jalan dan tak lolos ke senayan. Faktor kerumitan inilah yang sepertinya bikin Projo enggak tertarik jadi partai," ujarnya.

Meski begitu, masih ada kemungkinan Projo untuk mendirikan parpol, karena mereka sudah lama dekat dengan Presiden Jokowi.

"Projo punya resource dan SDM jadi partai. Dekat Jokowi dan sudah lama di kekuasaan. Apalagi yang ditunggu."

"Justru ini momen yang pas mumpung dekat Jokowi. Karena tanpa Jokowi projo bukan apa-apa. Partai projo bisa soft landing bagi Jokowi pasca tak jadi presiden di 2024," katanya.

Sebelumnya, Pidato presiden Joko Widodo dalam kegiatan Rakernas ke-5 Projo yang menyebut kalimat akan memberikan dukungan ke Ganjar di Pilpres 2024.

“Meskipun yang kita dukung ada di sini” membuat sebagian publik berspekulasi ucapan tersebut adalah dukungan Joko Widodo kepada Gubernur Jawa Tengah untuk menjadi suksesornya di Pemilu Presiden 2024 mendatang.

Bahkan Rakernas ke-5 Relawan Projo di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022) lalu juga dimaknai sebagai dukungan terbuka kelompok pro Jokowi kepada Ganjar Pranowo.

KEYWORD :

Relawan Parpol Pilpres 2204 Projo Joko Widodo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :