Sabtu, 27/04/2024 04:57 WIB

Kondisi Arus Balik Jalur Arteri Tangerang Masih Landai

Ilustrasi jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Istimewa)

Jurnas.com - Kasatlantas Polresta Tangerang Kompol Fikri Ardiyansyah mengatakan kondisi arus balik lalu lintas kendaraan mudik di H+2 Lebaran, Rabu, di jalur arteri wilayah Kabupaten Tangerang, Banten, masih landai dan belum terjadi peningkatan secara signifikan.

"Sementara ini masih landai dan belum terpantau adanya peningkatan arus balik pemudik, aktivitas mayoritas kegiatan lokal untuk merayakan Idul Fitri," kata Fikri di Tangerang, Rabu (4/5).

Ia menambahkan kepadatan lalu lintas saat ini cenderung didominasi oleh kendaraan domestik yang melakukan silaturahmi dan perjalanan wisata untuk mengisi waktu libur Lebaran. Sedangkan untuk prediksi terjadinya puncak arus balik mudik Lebaran di jalur arteri wilayah Kabupaten Tangerang, tambahnya, akan terjadi pada Sabtu (7/5) hingga Minggu (8/5).

"Mayoritas kegiatan lokal merayakan Idul fitri. Untuk arus balik mudik prediksi pada saat weekend," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang Sukri mengatakan lalu lintas kendaraan di ruas jalur arteri jalan nasional, seperti Jalan Raya Bitung hingga Jayanti, Rabu, kondisinya masih menurun.

"Disebabkan pemudik yang sudah mencapai lokasi tujuan belum memasuki masa arus balik. Adapun peningkatan volume kendaraan justru terjadi pada jalur-jalur wisata," jelasnya.

Akibat tingginya minat masyarakat mengunjungi area wisata di daerah itu, tambahnya, sejumlah titik jalan di Kabupaten Tangerang terjadi kepadatan lalu lintas. Dishub Kabupaten Tangerang bersama TNI, Polri, dan instansi terkait melakukan antisipasi dengan menempatkan sejumlah personel di titik-titik kepadatan.

"Termasuk juga penempatan petugas di titik persimpangan yang rawan macet, seperti simpang Adiyasa menuju wisata Kramat Solear," katanya.

Lokasi destinasi tujuan wisata di wilayah Kabupaten Tangerang, katanya, telah mengalami kepadatan lalu lintas, di antaranya Wisata Makam Kramat Solear, Tebing Koja, Pantai Pulo Cangkir, Tanjung Kait, dan Tanjung Pasir.

"Maupun ke destinasi-destinasi wisata di Banten, seperti Pantai Anyer, Pantai Carita, Pemandian Cikoromoy, dan lainnya yang melintasi wilayah Kabupaten Tangerang," ujarnya.

KEYWORD :

Arus Balik Lebaran Macet Jalur Arteri Tangerang Banten




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :