Rabu, 15/05/2024 19:17 WIB

Antisipasi Kemacetan, Jokowi Imbau Pemudik Balik Lebih Awal

Dikhawatirkan, terjadi kemacetan jika semua pemudik melakukan perjalanan pada hari Sabtu dan Minggu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat agar melakukan perjalanan arus balik Lebaran lebih awal dan tidak secara bersamaan pada hari Sabtu (7/5/) dan Minggu (8/5) mendatang.

Dikhawatirkan, terjadi kemacetan jika semua pemudik melakukan perjalanan pada hari Sabtu dan Minggu.

“Saya mengimbau untuk kembalinya ada yang lebih awal, jangan semuanya nanti kembali (arus baliknya) semuanya di hari Sabtu dan Minggu,” kata Jokowi di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/5)

“Pasti akan terjadi titik-titik kemacetan, terutama di tol maupun jalan nasional, di Merak ataupun Bakauheni,” lanjutnya.

Jokowi juga menjelaskan terkait arus mudik yang sudah melewati puncaknya. Menurutnya, arus mudik tahun ini berjalan secara baik, meski banyak warga yang mengantre saat masuk kapal di sejumlah dermaga.

“Untuk arus mudiknya, saya melihat semuanya berjalan dengan baik. Kalau ada hal-hal kecil, misalnya di Merak atau Bakauheni karena volume kendaraan yang banyak tidak sesuai dengan kapasitas dermaga, tidak sesuai dengan kapasitas kapal," ujarnya.

“Tetapi memang kapalnya sudah disiapkan dan ditambah,” kata Jokowi saat bersilaturahmi dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X di kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Jokowi menyebut, tahun ini, jumlah pemudik yang pulang ke kampung halaman mencapai 85,5 juta. Di mana, pemudik ya g menggunakan roda empat mencapai 23 juta, sementara kendaraan bermotor hingga 17 juta.

“Jumlahnya beutl-betul sangat banyak sekali,” pungkas Jokowi.

KEYWORD :

Arus Balik Lebaran Kemacetan Jokow Widodo Balik Lebih Awal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :