Jum'at, 26/04/2024 20:07 WIB

Konsistensi Ganjar Pranowo Bangkitkan Ekonomi dan Turunkan Kemiskinan

Penanganan kebangkitan ekonomi dan penurunan kemiskinan masih menjadi fokus pembahasan pada Musrenbang 2022 ini. Optimalisasi seluruh sumber daya, mesti dilakukan untuk percepatan penanganan tersebut.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo

Jakarta, Jurnas.com - Penanganan kebangkitan ekonomi dan penurunan kemiskinan masih menjadi fokus pembahasan pada Musrenbang 2022 ini. Optimalisasi seluruh sumber daya, mesti dilakukan untuk percepatan penanganan tersebut.

“Saya titip ke bupati/ wali kota, Musrenbang besok keliling empat daerah (Solo Raya, Semarang Raya, Pantura, Banyumas) itu untuk menyiapkan dua hal pokok. Yaitu bagaimana kita membangkitkan ekonomi lokal, dan bagaimana kita menurukan angka kemiskinan dengan cara yang tidak biasa. Menggunakan sumber daya yang lebih banyak lagi, tidak hanya dari APBD,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, seusai Musrenbang.

Sementara itu, Sekda Jateng Sumarno mengatakan, penyelenggaraan Musrenbang Provinsi Jateng Tahun 2022 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jateng Tahun 2023, dilakukan untuk menyampaikan dan memperoleh masukan perkembangan kebijakan perencanaan nasional, kabupaten/ kota, dan stakeholders pembangunan di provinsi ini. Selain itu juga meningkatkan sinergitas prioritas sasaran dan menyepakati masukan penyempurnaan Rancangan RKPD Jateng 2023.

Ditambahkan, saat ini telah dilaksanakan serangkaian tahapan penyusunan RKPD Tahun 2023, yaitu diawali Pembukaan Masa Musrenbang dan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2023 pada 31 Januari 2022, dan Forum Perangkat Daerah pada 21-25 Februari 2022 untuk membahas dan menajamkan rancangan awal RKPD.

Selanjutnya, Rakortek Bappeda Provinsi dengan Kepala Bappeda Kabupaten/Kota diadakan pada 15 -17 Maret 2022, untuk penyelarasan target pembangunan dan sinkronisasi kebijakan pembangunan daerah provinsi dan kabupaten/kota, serta pembangunan antardaerah.

Selain itu, Musrenbang Provinsi merupakan forum untuk menyampaikan Rancangan RKPD Provinsi Jawa Tengah tahun 2023 sebagai hasil dari proses dalam menyelaraskan, memantapkan, dan menyepakati kembali program atau kegiatan pembangunan.

“Dialog Interaktif eksekutif-legislatif untuk memperoleh masukan dan harmonisasi program kegiatan dengan pokok pokok pikiran DPRD Provinsi Jawa Tengah sebagai bahan penyempurnaan Rancangan Akhir RKPD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023 sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Gubernur,” ujarnya.

KEYWORD :

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng Bangkitkan Ekonomi dan Turunkan Kemiskinan PDI Perjuangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :