Selasa, 21/05/2024 23:06 WIB

Zelensky Sindir Eropa Lambat Bantu Ukraina

Beberapa jam lalu, pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky menyampaikan pidato larut malam di KTT Dewan Eropa di Brussels.

Volodymyr Zelensky (Foto: BBC)

Kyiv, Jurnas.com - Beberapa jam lalu, pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky menyampaikan pidato larut malam di KTT Dewan Eropa di Brussels.

Dia menguraikan kehancuran dan kerusakan Rusia di negaranya, dan berterima kasih kepada Eropa karena bersatu dalam dukungan mereka untuk Ukraina.

Kemudian, dengan ciri khas gayanya yang terus terang, dia mengatakan kepada para pemimpin Eropa bahwa mereka telah bertindak terlambat dalam menghentikan Rusia.

"Anda telah menerapkan sanksi. Kami berterima kasih. Ini adalah langkah yang kuat," kata Zelensky dikutip dari BBC pada Jumat (25/3).

"Tapi itu agak terlambat," sambung dia. Zelensky menambahkan bahwa jika ada sanksi pencegahan, mungkin Rusia tidak akan berperang.

Dia juga menunjuk ke pipa gas Nord Stream 2, di mana dia menyarankan jika itu telah diblokir sebelumnya, "Rusia tidak akan menciptakan krisis gas".

Zelensky kemudian memohon kepada negara-negara tetangga untuk menyetujui permintaan Ukraina untuk bergabung dengan UE. "Di sini saya meminta Anda, jangan terlambat."

Dalam beberapa minggu terakhir Zelensky telah membuat banyak pidato di depan parlemen di seluruh dunia, dan dia tidak takut menegur Barat atas apa yang dia lihat sebagai kegagalan untuk memberikan dukungan yang cukup.

KEYWORD :

Volodymyr Zelensky Ukraina Eropa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :