Rabu, 01/05/2024 21:08 WIB

Pemimpin Uni Eropa Tiba di Kyiv, Pertama Kalinya Sejak Invasi Rusia

Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki bersama mitranya dari Ceko, Petr Fiala dan Janez Jansa dari Slovenia akan bertemu dengan pejabat Ukraina.

Tim penyelamat bekerja di sebelah bangunan tempat tinggal yang rusak akibat penembakan, saat serangan Rusia di Ukraina berlanjut, di Kyiv, Ukraina, dalam gambar selebaran yang dirilis pada 15 Maret 2022. (Foto: Layanan pers Layanan Darurat Negara Ukraina/Handout via Reuters )

Praha, Jurnas.com - Perdana Menteri Republik Ceko, Polandia dan Slovenia tiba di Kyiv dengan kereta api pada Selasa untuk menunjukkan dukungan bagi Ukraina. Mereka adalah pemimpin asing pertama yang mengunjungi ibu kota negara tersebut sejak Rusia menginvasi bulan lalu.

Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki bersama mitranya dari Ceko, Petr Fiala dan Janez Jansa dari Slovenia akan bertemu dengan pejabat Ukraina. Juga hadir adalah Wakil Perdana Menteri Polandia Jaroslaw Kaczynski, pemimpin partai PiS yang berkuasa di negara itu, yang dipandang sebagai pembuat keputusan utama di negara itu.

"Di sini, di Kyiv yang dilanda perang, sejarah sedang dibuat. Di sinilah, kebebasan berjuang melawan dunia tirani. Di sinilah masa depan kita semua tergantung pada keseimbangan," tulis Morawiecki di Twitter, dikutip dari Reuters, Rabu (16/3).

Republik Ceko dan Polandia, mantan anggota komunis Uni Eropa dan NATO, telah menjadi salah satu pendukung terkuat Ukraina di Eropa sejak invasi Rusia.

Hampir tiga minggu memasuki perang yang menurut negara-negara Barat Moskow akan menang dalam beberapa hari, kekuatan invasi terbesar Eropa sejak Perang Dunia II telah dihentikan di gerbang Kyiv, dengan jalan raya utama dan rute kereta api dari ibu kota masih terbuka.

Kolom lapis baja besar pasukan Rusia gagal untuk merebut salah satu dari 10 kota terbesar di Ukraina, meskipun pemboman telah membuat beberapa daerah pemukiman menjadi puing-puing.

Menjadi tuan rumah bagi pejabat asing di ibu kotanya sendiri akan menjadi keberhasilan simbolis yang luar biasa bagi Zelenskyy, yang menolak tawaran untuk mengungsi di awal perang, tetap berada di bawah bombardir untuk menggalang bangsanya dengan pesan malam dari dalam kota.

Dalam pernyataan publiknya yang paling percaya diri, Zelenskyy meminta pasukan Rusia untuk menyerah, dengan mengatakan bahwa mereka dan perwira mereka sudah tahu bahwa perang itu tidak ada harapan.

"Wajib Rusia! Dengarkan aku baik-baik. Perwira Rusia! Anda sudah mengerti segalanya: Anda tidak akan mengambil apa pun dari Ukraina. Anda akan mengambil nyawa. Ada banyak dari Anda. Tapi hidup Anda juga akan diambil. Tapi kenapa "Haruskah kamu mati? Untuk apa? Aku tahu kamu ingin bertahan hidup," katanya.

Perdana Menteri Ukraina Denys Shmygal memuji apa yang dia katakan sebagai "keberanian teman sejati" dan mengatakan para pemimpin akan membahas dukungan untuk Ukraina dan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia.

Pembantu utama Morawiecki Michal Dworczyk mengatakan kepada penyiar swasta Polsat News pada Selasa malam bahwa tiga perdana menteri telah memulai pertemuan dengan Shmygal dan Presiden Volodymyr Zelenskiy.

Penyiar TVP Info yang dikelola negara Polandia melaporkan bahwa Morawiecki dan Kaczynski juga pergi menemui pihak berwenang Kyiv, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Fiala mengatakan keputusan untuk mengunjungi Kyiv diambil setelah berkonsultasi dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Gagasan perjalanan itu disepakati pada pertemuan puncak para pemimpin Uni Eropa di Versailles di Prancis pekan lalu, kata Dworczyk. Namun, seorang pejabat UE mengatakan tidak ada "mandat formal" yang diberikan oleh Brussels.

"Ini inisiatif yang sangat valid. Setiap inisiatif untuk membawa perdamaian kembali ke Ukraina tentu saja disambut baik," kata pejabat itu. "Beberapa pemimpin mungkin juga bertanya-tanya: apakah ini akan membahayakan atau akan meningkatkan kondisi negosiasi dengan Rusia. Masih harus dilihat, tentu saja. Ini garis yang bagus."

Rusia menyebut tindakannya sebagai operasi militer khusus untuk mendenazifikasi Ukraina, yang ditolak oleh Kyiv dan sekutu Baratnya sebagai dalih untuk serangan yang tidak dapat dibenarkan dan ilegal.

KEYWORD :

Invasi Rusia Operasi Khusus Ukraina Republik Ceko Polandia Slovenia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :