Jum'at, 03/05/2024 03:44 WIB

Rusia Makin Garang, Menlu AS Temui NATO dan Sekutu

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, melakukan perjalanan ke Eropa untuk berkonsultasi dengan sekutu NATO dan mitra Eropa lainnya, di tengah invasi Rusia ke Ukraina.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken [Jaber Abdulkhaleg - Anadolu Agency]

New York, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, melakukan perjalanan ke Eropa untuk berkonsultasi dengan sekutu NATO dan mitra Eropa lainnya, di tengah invasi Rusia ke Ukraina.

Dikutip dari The Hill pada Kamis (3/3), Blinken akan berkunjung ke Belgia, Polandia, Moldowa, dan negara-negara Baltik mulai dari Latvia, Lithuania, dan Estonia yang seluruhnya bakal ditempuh hingga 8 Maret mendatang.

Dalam sambutannya pada Rabu (2/3), Blinken mengatakan bahwa krisis yang terjadi di Ukraina akan berdampak pada stabilitas Eropa dan seluruh tatanan dunia.

"Perang ini milik Presiden Putin, bukan milik rakyat Rusia," tegas Blinken dikutip dari BBC.

"Pesanku kepada rakyat Rusia, jika mereka mampu mendengarkan suara hati, kami tahu banyak di antara kalian yang tidak ingin mengambil bagian dalam perang ini," lanjut Blinken.

Diketahui, perang antara Rusia dan Ukraina telah memasuki hari ketujuh. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda kedua belah pihak akan menyepakati perdamaian.

AS dan sekutu terus menggempur Rusia dengan gelombang sanksi. Di saat bersamaan, Barat juga memperkuat Ukraina dengan persenjataan dan kemampuan pertahanan.

KEYWORD :

Rusia Ukraina Perang Anthony Blinken Amerika Serikat NATO




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :