Selasa, 14/05/2024 07:02 WIB

Kolaborasi dengan IPHI, Sandiaga Uno Akan Kembangkan Food Estate

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Erman Suparno baru-baru ini melakukan kunjungan atau audiensi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Menparekraf, Sandiaga Uno

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Erman Suparno baru-baru ini melakukan kunjungan atau audiensi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Pertemuan yang diselenggarakan di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, berjalan dengan suasana santai dan hangat. Dalam pertemuan tersebut, Erman Suparno memaparkan sejarah IPHI dan peran serta dalam membantu pemerintah untuk membantu alumni haji lewat program kerjanya.

Food Estate merupakan salah satu program unggulan IPHI. Program yang dikembangkan di seluruh Indonesia dilakukan dengan Demonstration Plot atau Demplot.

Yakni penyuluhan pertanian kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan.

Mendengar pemaparan tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan akan turut serta membantu IPHI. “Kami dengan senang hati akan membantu IPHI di masa mendatang,” ungkap Sandiaga Uno.

Erman menjelaskan, program food Estate ini murni dikembangkan dan di danai oleh IPHI dan partner kerjanya. Untuk tahap pertama, Demplot tanaman pangan secara bertahap dibangun seluas 200 Ha yang tersebar di Pulau Jawa dan selanjutnya akan dikembangkan ke seluruh Indonesia.

“Dalam tahap uji coba berupa demplot-demplot percontohan pola tanam organic, diharapkan dengan cara bertanam profesional nantinya akan dikembangkan oleh petani,“ ujar Erman.

Sandiaga juga berjanji kementeriannya akan intensif menjalin kerjasama dengan Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan haji Indonesia (IPHI) dimasa mendatang. Salah satunya melalui program-program ekonomi kreatif yang akan dikembangkan kepada anggota IPHI seluruh Indonesia.

Selain program kreatif food estate tersebut, Erman Suparno juga mendukung program Pariwisata Nusantara yang sedang digalakkan oleh Kemenparekraf guna meningkatkan industri pariwisata yang sedang menurun akibat Covid-19.

Menurut Erman, pihaknya juga siap menjalin kerjasama dan komunikasi yang intensif dengan Kemenparekraf guna keberhasilan program kerja tersebut, terutama peluang lapangan kerja  di industri pariwisata tanah air.

KEYWORD :

Sandiaga Uno Menparekraf Menteri Pariwisata Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia IPHI Food Estate




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :