Minggu, 05/05/2024 00:06 WIB

Citra Satelit Perlihatkan Pasukan Baru Rusia di Dekat Ukraina

Kegiatan baru itu muncul saat Rusia memperpanjang latihan militer di Belarus yang akan berakhir pada Minggu (20/2).

Gambar satelit menunjukkan gambaran penyebaran helikopter, kelompok pertempuran, dan pasukan, di Valuyki, Rusia, pada 20 Februari 2022. (Foto: Maxar Technologies/Handout via Reuters)

Washington, Jurnas.comMaxar Technologies merilis gambar satelit yang menunjukkan beberapa penempatan baru peralatan lapis baja dan pasukan dari garnisun Rusia di dekat perbatasan dengan Ukraina.

 

Kegiatan baru itu muncul saat Rusia memperpanjang latihan militer di Belarus yang akan berakhir pada Minggu (20/2).

Gambar dirilis oleh Maxar yang berbasis di Amerika Serikat (AS), yang telah melacak penumpukan pasukan Rusia selama berminggu-minggu, tidak dapat diverifikasi secara independen oleh Reuters.

"Kegiatan baru ini merupakan perubahan dalam pola penyebaran kelompok tempur (tank, pengangkut personel lapis baja, artileri dan peralatan pendukung) yang diamati sebelumnya," kata Maxar dalam rilisnya, Minggu (20/2).

Beberapa pengerahan besar kelompok pertempuran telah diamati di sekitar garnisun militer di Soloti, Rusia, pada 13 Februari menurut citra satelit, kata Maxar.

Gambar pada Minggu, kata Maxar, menunjukkan sebagian besar unit tempur dan peralatan pendukung di Soloti telah berangkat. Jejak kendaraan yang luas dan beberapa konvoi peralatan lapis baja terlihat di seluruh area tersebut.

Perusahan juga mengatakan, geberapa peralatan juga telah dikerahkan di sebelah timur Valuyki, Rusia, di lapangan sekitar 15 km utara perbatasan Ukraina. Sejumlah penempatan lapangan baru juga terlihat di barat laut kota Belgorod di Rusia.

Berdasarkan trek dan salju, aktivitas itu tampaknya baru-baru ini, Stephen Wood, direktur senior di Biro Berita Maxar, mengatakan kepada Reuters. "Bagi saya itu menunjukkan peningkatan kesiapan," katanya.

KEYWORD :

Maxar Technologies Amerika Serikat Rusia Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :