Jum'at, 26/04/2024 13:16 WIB

Kemnaker Resmikan Warung Migran di Bandung

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, diwakili oleh Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker Suhartono meresmikan Warung Pemberdayaan Purna Migran atau Warung Migran di Jalan Soekarno Hatta No 580 Bandung, Jawa Barat.

Peluncuran Warung Migran (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, diwakili oleh Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker Suhartono meresmikan Warung Pemberdayaan Purna Migran atau Warung Migran di Jalan Soekarno Hatta No 580 Bandung, Jawa Barat.

Acara peresmian warung ini merupakan salah satu program pemberdayaan bagi para purna migran yang telah kembali ke tanah air. Selain sebagai tempat transaksi usaha, warung ini juga akan jadi sarana literasi perlindungan PMI.

Nantinya di spot area warung migran akan disediakan WiFi gratis yg akan bisa mengakses berbagai informasi seputar peluang kerja ke luar negeri,  juga berbagai sarana informasi lainnya seperti brosur dan leaflet.

Lebih lanjut Ali Nurdin selaku Ketua DPW Garda BMI Jawa Barat menyebutkan bahwa tantangan berat  tetap menanti bagi para pekerja migran yang telah kembali ke tanah air karena seringkali mereka kebingungan manakala memulai usaha.

Warung migran bisa menjadi sarana alternatif untuk memulai usaha tersebut. Tantangan lainnya adalah soal akses informasi, khususnya bagi para calon pekerja migran yang akan berangkat, mengingat informasi yang tidak sampai ke masyarakat. Diharapkan dengan hadirnya warung migran ini bisa menjembatani gap informasi tersebut.

Ali Nurdin juga menambahkan bahwa Warung Migran di kota Bandung ini sebagai simbolis yang rencananya akan dikembangkan di berbagai daerah bahkan hingga pedesaan, sehingga dengan keberadaan Warung Migran ini dapat dijadikan sebagai kepanjangan tangan pemerintah maupun masyarakat dalam memberikan pelayanan baik pengaduan permasalahan pekerja yang masih di luar negeri (Advokasi), Informasi Kerja, serta memberikan sosialisasi bagaimana bekerja ke luar negeri secara aman.

Sementara itu dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Dirjen Binapenta dan PKK, Menaker menjelaskan bahwa warung migran ini di dedikasikan kepada para purna migran sebagai bagian dari program pemberdayaan masyarakat khususnya para purna.

Turut hadir dalam acara ini Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker Suhartono, Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (PPTKLN Kemnaker) Rendra dan Staf Khusus Menaker, Dita Indah Sari.

KEYWORD :

Warung Migran Menaker Ida Fauziyah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :