Sabtu, 27/04/2024 03:12 WIB

Banjir Terparah Landa Ekuador dalam 20 Tahun Terakhir

Hujan telah membanjiri bangunan resapan air di lereng bukit yang memiliki kapasitas 4.500 meter kubik tetapi digenangi dengan volume lebih dari empat kali lipat.

Banjir terberat yang melanda Ekuador dalam dua dekade dimulai di lereng gunung berapi Pichincha yang menghadap ke ibukota Quito. (Foto: AFP/Rodrigo Buendia)

QUITO, Jurnas.com - Banjir terparah yang melanda Ekuador dalam dua dekade telah menewaskan sedikitnya 22 orang di Quito, menggenangi rumah-rumah, membanjiri mobil dan menghanyutkan para atlet dan penonton di lapangan olahraga.

Dikutip dari AFP, layanan darurat SNGRE Ekuador mengatakan di Twitter bahwa 20 orang hilang dan 47 terluka.

Rekaman video menunjukkan aliran air yang membawa batu, lumpur, dan puing-puing di jalan-jalan di ibu kota Ekuador, saat tim penyelamat membantu penduduk mengarungi arus deras untuk menyelamatkan diri. Warga di kota berpenduduk 2,7 juta orang itu dibawa ke tempat pengunsian.

Hujan yang mengguyur Quito selama 17 jam berturut-turut menyebabkan banjir yang merusak jalan, area pertanian, klinik, sekolah, kantor polisi, dan gardu listrik.

Walikota Quito, Santiago Guarderas mengatakan hujan telah membanjiri bangunan resapan air di lereng bukit yang memiliki kapasitas 4.500 meter kubik tetapi digenangi dengan volume lebih dari empat kali lipat.

Kegagalan yang diakibatkannya menyebabkan banjir sepanjang satu kilometer melalui lapangan olahraga tempat para pemain bola voli berlatih dengan penonton di pinggir lapangan.

"Orang-orang yang sedang bermain tidak bisa melarikan diri. Tiba-tiba mereka terperangkap," kata saksi Freddy Barrios Gonzalez kepada AFP.

"Mereka yang berhasil lari diselamatkan (tetapi) satu keluarga terkubur di bawah sungai lumpur. Di sana mereka mati," tambah Gonzalez, pakaiannya sendiri masih becek karena cobaan itu.

Hingga kini belum diketahui berapa banyak pemain atau penonton di antara jumlah total yang tewas dan terluka. Tentara dengan anjing penyelamat sedang menjelajahi daerah sekitar lapangan untuk mencari korban selamat.

Kepala polisi Quito, Cesar Zapata mengatakan, tidak menutup kemungkinan menemukan lebih banyak mayat di bawah ribuan meter kubik lumpur dan puing-puing yang ditinggalkan oleh banjir.

Penyelamat Cristian Rivera mengatakan banyak orang di Quito harus dirawat karena hipotermia. Pemerintah kota telah memobilisasi alat berat untuk membersihkan jalan dan memperbaiki sistem resapan air yang gagal.

Penduduk Mauro Pinas mengatakan sempat mendengar ledakan ketika struktur itu meledak, setelah itu "sungai lumpur" turun ke kota, terutama di barat laut. Listrik padam di beberapa bagian setelah tiang listrik tumbang.

Puluhan tentara dikerahkan untuk membantu upaya pencarian dan penyelamatan polisi dan pemadam kebakaran. Banjir dimulai di lereng gunung berapi Pichincha, yang menghadap ke ibu kota negara.

Guarderas mengatakan, curah hujan Senin menurunkan 75 liter per meter persegi setelah 3,5 liter pada Sabtu. "Ini adalah angka rekor, yang belum pernah kami miliki sejak 2003," tambahnya.

Hujan lebat melanda 22 dari 24 provinsi Ekuador sejak Oktober, menyebabkan sedikitnya 18 orang tewas dan 24 lainnya luka-luka pada Minggu, menurut Layanan Manajemen Risiko Nasional.

Para ilmuwan mengatakan perubahan iklim meningkatkan risiko hujan lebat di seluruh dunia karena atmosfer yang lebih hangat menampung lebih banyak air.

KEYWORD :

Banjir Ekuador Quito




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :