Sabtu, 27/04/2024 05:22 WIB

India Pertimbangkan Sejumlah Investasi dari China

India sedang mempertimbangkan sejumlah proposal investasi dari China, pasca regulasi investasi malah menciptakan hambatan untuk arus masuk.

Perdana Menteri India Narendra Modi mendengarkan saat upacara pembukaan KTT Iklim PBB COP26, di Glasgow, Skotlandia, 1 November 2021. (Foto: AP/Alberto Pezzali)

Delhi, Jurnas.com - India sedang mempertimbangkan sejumlah proposal investasi dari China, pasca regulasi investasi malah menciptakan hambatan untuk arus masuk.

Saat ini, pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi meneliti semua proposal investasi dari perusahaan yang berbasis di negara-negara yang berbatasan darat dengan India atau memiliki investor dari salah satu negara tersebut.

Juga, mempertimbangkan untuk mengecualikan proposal di mana yang disebut Beneficial Ownership kurang dari 10 persen, yang berarti investor mungkin berasal dari negara tetangga tetapi hanya memiliki sedikit saham di perusahaan yang mengajukan investasi.

Langkah tersebut sedang dipertimbangkan setelah proposal senilai US$6 miliar terjebak di tengah birokrasi, yang tidak disebutkan namanya membahas pertimbangan pribadi. Usulan itu bisa disetujui paling cepat bulan depan.

Pemerintah telah memberlakukan pembatasan pada investasi di tengah kebuntuan perbatasan berdarah dengan China, dan juga mencegah risiko pengambilalihan oportunistik.

Langkah itu memperlambat proses persetujuan dengan proposal dari negara-negara tetangga, termasuk China dan Hong Kong.

Selain menunda, pembatasan itu juga memperumit kesepakatan bagi investor. Melonggarkan aturan akan memperluas kumpulan investor yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan India yang haus modal, karena perusahaan lokal semakin beralih ke investor global besar untuk mendanai pertumbuhan mereka.

Pada November 2021, lebih dari 100 proposal sedang menunggu izin dari pemerintah, dengan sekitar seperempatnya masing-masing bernilai lebih dari US$10 juta.

KEYWORD :

Investasi China India Penanaman Modal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :