Selasa, 14/05/2024 15:28 WIB

Laki Pertanyakan Ditjen Minerba Pertahankan PT BEP

Pemilik PT. BEP yang kebetulan juga pemegang saham mayoritas PT. Tunas Muda Jaya telah menyalahgunakan perizinan kedua Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP OP) yang dimiliki dengan memakainya sebagai sarana untuk melakukan tindak pidana penipuan.

Ketua Umum Laskar Anti Korupsi (Laki) Provinsi Kalimantan Timur Rokhman Wahyudi (kanan). Foto: laki/jurnas.com

JAKARTA, Jurnas.com - Laskar Anti Korupsi (Laki) Provinsi Kalimantan Timur  (Kaltim) mempertanyakan sikap Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  yang tidak memasukan nama PT. Batuah Energi Prima (BEP) ke dalam daftar perusahaan pertambangan minerba yang izinnya dicabut.

“Ini mengherankan karena penyimpangan oleh pemilik PT. BEP sangat berat dan fatal ketimbang yang terjadi pada 2.078 perusahaan pertambangan minerba yang telah dicabut izinnya,” kata Ketua Laki Kalimantan Timur Rokhman Wahyudi melalui keterangan tertulis yang diterima jurna.com di Jakarta, Senin (10/1/2022).

Rokhman mengatakan, pemilik PT. BEP yang kebetulan juga pemegang saham mayoritas PT. Tunas Muda Jaya telah menyalahgunakan perizinan kedua Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP OP) yang dimiliki dengan memakainya sebagai sarana untuk melakukan tindak pidana penipuan sebesar Rp. 1 Triliun dan pembobolan lembaga perbankan sebesar Rp. 1,5 Triliun.

“Alih-alih IUP-nya dicabut, oleh Dirjen Minerba malah PT BEP diberi persetujuan RKAB Tahun 2022 sebanyak 2.997.086 metric ton. Padahal pemegang saham 95%  PT. BEP Herry Beng Koestanto adalah seorang terpidana yang menyandang predikat residivis dan masih mendekam ditahanan menjalani hukuman selama delapan tahun  penjara,” kata Rokhman.

Sedangkan pelaksana perseroan Erwin Rahardjo, tersangkut tiga kasus dugan pidana dan diduga menjadi aktor intelektual mafia pailit PT. BEP.

Rokhman Wahyudi menduga ada oknum-oknum di dalam lingkungan Dirjen Minerba yang bermufakat jahat dengan kelompok mafia pailit, bertujuan ingin mempertahankan IUP  OP PT. BEP. Mereka beralibi status pailit  PT. BEP telah diangkat.

“Kami  berharap Presiden Joko Widodo dapat memerintahkan Irjen Kementerian ESDM bersama-sama unsur Kejaksaan Agung RI melakukan pemeriksaan secara intensif dan mendalam terhadap para oknum pejabat di lingkungan Ditjen Minerba,” ujarnya.

Menurutnya kasus sejenis dengan PT BEP di Ditjen Minerba cukup banyak. “Kami juga memiliki dua temuan lain, termasuk yang merugikan negara sebesar Rp. 120 miliar terkait penjualan dan pengapalan  illegal 340.057 metric ton, tanpa ada persetujuan revisi RKAB,” kata Rokhman.

Sarana Penipuan

Rokhman juga menyampaikan, pemegang 95 % saham PT. BEP yang juga pemilik  PT. Tunas Jaya Muda, Herry Beng Koestanto, sudah menjadi terpidana yang berstatus residivis, lantaran berulang kali memakai IUP OP yang diberikan negara untuk melakukan tindakan pidana penipuan dan pembobolan lembaga perbankan. Herry Beng Koestanto hingga kini masih meringkuk dalam tahanan Bareskrim Polri.

Putusan perkara pidana penipuannya senilai  Rp. 1 Triliun sudah inkracht (berkekuatan hukum tetap) dengan hukuman penjara total selama delapan tahun.

“Herry Beng Koestanto terbukti  secara sah memakai IUP OP  PT. BEP dan PT.Tunas Jaya Muda, sebagai sarana untuk melakukan penipuan dimana korbannya adalah Putra Mas Agung dengan nilai kerugian sebesar 38 juta US Dollar dan Old Peak Finance Limited  sebesar  Rp. 500 miliar,“ ujarnya.

Berdasarkan fakta ini, lanjut Rokhman, untuk  mencegah timbulnya pidana lanjutan dan jatuhnya korban-korban penipuan baru, Dirjen Minerba seharusnya tegas memasukan nama PT. BEP ke dalam daftar perusahaan yang izinnya dicabut.

“Sebagai manifestasi pengejawantahan adanya fungsi pengawasan oleh negara, dan bukan malah melindunginya,” kata Rokhman.

Mafia Pailit

Rokhman juga menjelaskan, proses pailit PT. BEP yang direkayasa oleh Erwin Rahardjo dan Petrus  terungkap dan terindikasi mengandung pidana pemberian sumpah palsu dan/atau surat palsu/dan atau penggelapan boedel  pailt jo TPPU. Hal ini sesuai hasil pemeriksaan yang tengah dilakukan oleh Polda Kaltim dan Bareskrim Polri.

Modus penggelapan boedel pailit yang dilakukan kelompok Erwin Rahardjo dan Petrus, dengan cara menjual batubara dari konsesi PT. BEP namun memakai dokumen IUP OP perusahaan yang berbeda, yakni CV. Anggaraksa Adisarana, yang dikelola Erwin Rahardjo. Uang hasil penjualan batubara sebanyak 121.292.003 metric ton  masuk ke rekening PT Pahlevy Persada milik Petrus.

“Hal ini mengkofirmasi praktik mafia pailit merupakan modus operandi baru kejahatan perampokan asset, yang dapat merusak iklim investasi di Indonesia. Ujung praktik mafia pailit bermuara pada terjadinya  tindakan pidana  pencucian uang. Merupakan kejahatan yang terorganisir, tergolong kerah putih (white collar crime), yang dilakukan criminal organization,” ujarnya.

KEYWORD :

Ditjen Minerba PT BEP Laki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :