Kamis, 16/05/2024 07:44 WIB

Omicron Sumbang 58,6 Persen Kasus dari Varian COVID-19 di AS

Badan tersebut juga merevisi turun proporsi kasus Omicron untuk pekan yang berakhir 18 Desember menjadi 22 persen dari 73 persen, mengutip data tambahan dan penyebaran cepat varian yang sebagian menyebabkan perbedaan.

Seorang wanita menjalani tes penyakit virus corona (COVID-19) di situs pengujian pop-up saat varian virus corona Omicron terus menyebar di Manhattan, New York City, pada 27 Desember 2021. (Foto: REUTERS/Jeenah Moon)

Washington, Jurnas.com - Varian Omicron diperkirakan 58,6 persen dari varian virus corona yang beredar di Amerika Serikat (AS) pada 25 Desember. Hal itu berdasarkan data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada Selasa (28/12).

Badan tersebut juga merevisi turun proporsi kasus Omicron untuk pekan yang berakhir 18 Desember menjadi 22 persen dari 73 persen, mengutip data tambahan dan penyebaran cepat varian yang sebagian menyebabkan perbedaan.

"Kami memiliki lebih banyak data yang masuk dari jangka waktu itu dan ada pengurangan proporsi Omicron," kata juru bicara CDC, dikutip dari Reuters."Penting untuk dicatat bahwa kami masih melihat peningkatan yang stabil dalam proporsi Omicron."

Varian yang menyebar cepat pertama kali terdeteksi di Afrika selatan dan Hong Kong pada November, dengan kasus pertama yang diketahui di Amerika Serikat diidentifikasi pada 1 Desember pada orang yang divaksinasi lengkap yang telah melakukan perjalanan ke Afrika Selatan.

Sejak itu, virus tersebut dengan cepat menyebar ke seluruh dunia dan mendorong lonjakan infeksi di AS, menyebabkan pembatalan penerbangan yang meluas dan menghancurkan harapan untuk musim liburan yang lebih normal.

Varian Delta, yang menjadi jenis dominan dalam beberapa bulan terakhir, menyumbang 41,1 persen dari semua kasus COVID-19 AS pada 25 Desember, data badan kesehatan masyarakat menunjukkan.

Mantan Komisaris Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS, Scott Gottlieb mengatakan di Twitter bahwa jika perkiraan baru CDC tentang prevalensi Omicron tepat, maka itu menunjukkan bahwa sebagian besar rawat inap saat ini mungkin masih didorong oleh infeksi Delta.

Badan tersebut mengatakan data tersebut mencakup proyeksi model yang mungkin berbeda dari perkiraan tertimbang yang dihasilkan di kemudian hari.

KEYWORD :

Omicron Amerika Serikat Varian COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :