Jum'at, 26/04/2024 11:04 WIB

3 Unit Kerja BKKBN Raih Penghargaan dari Kemenpan-RB

Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur meraih predikat WBBM, sedangkan Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah dan Direktorat Pelaporan dan Statistik, meraih predikat WBK 2021.

Tiga unit kerja Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meraih penghargaan dalam ajang Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) 2021

JAKARTA, Jurnas.com - Tiga unit kerja Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meraih penghargaan dalam ajang Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) 2021.

Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur meraih predikat WBBM, sedangkan Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah dan Direktorat Pelaporan dan Statistik, meraih predikat WBK 2021.

Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas menuju WBK/WBBM 2021 diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, di Artotel Suite Mangkuluhur Jakarta, Senin (20/12).

Kegiatan penyerahan predikat WBK/WBBM ini juga merupakan bagian akhir dari rangkaian proses evaluasi pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM.

Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, saat menerima secara langsung Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi pada seluruh jajaran Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur yang telah bekerja keras selama ini sehingga bisa meraih predikat WBBM.

"Saya sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi yang tinggi pada seluruh jajaran Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur yang telah bekerja keras selama ini sehingga bisa meraih predikat WBBM," kata Hasto.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Utama BKKBN, Tavip Agus Rayanto, Inspektur Utama BKKBN Ari Dwikora Tono, Inspektur Wilayah I Maria Vianney Chinggih Widanarto dan Inspektur Wilayah II, Sunarto.

Hasto berharap agar prestasi ini dicontoh oleh unit kerja lainnya di BKKBN, sehingga di tahun 2022 jumlah unit kerja di BKKBN yang bisa meraih predikat WBK/WBBM bertambah banyak lagi.

"Untuk meraih WBBM itu saya tahu sangat sulit, oleh karena itu hal ini merupakan capaian yang sangat membanggakan, dan bisa menjadi contoh di Perwakilan-perwakilan BKKBN," kata Hasto.

Sejak tahun 2019 dari 54 unit kerja yang dilakukan penilaian dari Kementerian PAN RB baru 1 unit kerja BKKBN yang bisa meraih predikat WBBM yakni Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Sedangkan 8 unit bisa meraih predikat WBK yakni Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Bangka Belitung, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Direktorat Bina Ketahanan Remaja, Pusat Pendidikan dan Pelatihan KKB, Sulawesi Barat, Jawa Tengah, dan Direktorat Pelaporan dan Statistik.

Mengutip dari Kementerian PANRB, WBBM adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan enam area perubahan program reformasi birokrasi serta mampu mencegah KKN, dan bisa memberikan pelayanan prima.

Sedangkan WBK adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan enam area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Enam area perubahan tersebut adalah manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

"Bagi unit kerja dan Perwakilan BKKBN yang WBK saja belum diraih saya minta untuk terus kerja keras, apa yang sudah diraih BKKBN Jatim ini diharapkan menjadi semangat dan motivasi bagi kita semua untuk bisa mewujudkan zona integritas menuju WBK dan WBBM," kata Hasto

KEYWORD :

BKKBN Hasto Wardoyo u Wilayah Bebas dari Korupsi WBBM Kemenpan-RB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :