Selasa, 14/05/2024 11:47 WIB

Baguna PDIP se-Jatim Terjun Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Gotong Royong Bantu Korban Letusan Gunung Semeru

Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan

Jakarta, Jurnas.com - Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan telah bergotong royong, membantu evakuasi pengungsi, pembuatan dapur umum, hingga bantuan selimut, masker dan obat-obatan.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Bagian PDIP sudah bergerak dan langsung terjun ke lokasi bencana dan tempat pengungsian sehari sejak erupsi pertama kali terjadi.

Baguna PDI Perjuangan Provinsi Jatim memimpin tanggap darurat dengan dibantu Baguna dari DPC Lumajang, Surabaya, dan hari ini diperkuat dengan DPC Malang, Jember, dan Banyuwangi," ujar Hasto, Selasa (7/12/2021).

Hasto menuturkan, dalam mengoordinasikan penangganan bencana, Ketua Umum Partai, Megawati Soekarnoputri langsung menugaskan Ribka Tjiiptaning, Sri Rahayu, dan Sadar Restu untuk memimpin gerak Baguna di dalam membantu rakyat korban letusan Gunung Semeru.

Sementara Kepala Baguna Pusat Max Ruland Boseke dan Sekretaris Baguna Alvian Feoh diminta melakukan gelar pasukan Baguna se Jabodetabek guna mengantisipasi banjir di wilayah tsb.

" Ibu Risma (Tri Rismaharini) dalam kapasitas sebagai Menteri Sosial langsung turun ke lapangan, melakukan koordinasi dengan BMKG, BNPB, Basarnas dan dengan aparatur pemerintah daerah termasuk melakukan relokasi tempat pengungsian ke daerah aman setelah mendapatkan informasi dari Direktorat Jendral Vulkanologi dan Geologi Kementrian ESDM," jelasnya.

Kata Hasto, Baguna Partai terbukti aktif bergerak dengan semangat gotong royong membantu rakyat tanpa membeda-bedakan pilihan politiknya.

Motto Baguna sebagaimana ditetapkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, yakni tanggap darurat, gerak cepat, tepat sasaran, kata Hasto telah diterjemahkan dalam protap operasional dalam penanggulangan bencana”

"Apa yang dilakukan oleh PDI Perjuangan, termasuk melalui gerak cepat BAGUNA di dalam menolong rakyat, terbukti efektif dan rakyat terus memberikan kepercayaan kepada Partai," tuntas Hasto.

KEYWORD :

Baguna PDI Perjuangan Erupsi Gunung Semeru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :