Jum'at, 03/05/2024 03:10 WIB

China Peringatkan Lithuania dan Pejabat Eropa soal Taiwan

Kemenlu Tiongkok Wang Wenbin membantah pernyataan Presiden AS

SHANGHAI, Jurnas.com - China pada Sabtu (30/10) memperingatkan pejabat Lituania dan Eropa untuk tidak mengganggu hubungan atas keputusan Taiwan dan negara Baltik untuk membuka kantor perwakilan timbal balik.

China menuntut pada Agustus agar Lituania menarik duta besarnya di Beijing dan mengatakan akan memanggil kembali utusan China untuk Vilnius setelah Taiwan mengumumkan bahwa kantornya di Vilnius akan disebut Kantor Perwakilan Taiwan di Lithuania.

Kantor Taiwan lainnya di Eropa dan Amerika Serikat (AS) menggunakan nama kota Taipei, menghindari referensi ke pulau itu sendiri, yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri.

Lithuania mengatakan awal tahun ini pihaknya berencana untuk membuka kantor perwakilan di Taiwan, sebuah keputusan yang juga membuat marah Beijing.

China dengan tegas menentang kontak resmi antara negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan China dan pihak berwenang di Taiwan, Wang Wenbin, seorang juru bicara kementerian luar negeri mengatakan dalam sebuah pernyataan di situsnya.

"Kami mendesak pemerintah Lituania untuk mematuhi komitmen politik serius yang dibuat ketika menjalin hubungan diplomatik dengan China dan tidak membuat keputusan salah yang tidak dapat diubah," kata Wang.

"Pihak Eropa harus mengambil posisi yang benar dan mencegah campur tangan dalam perkembangan hubungan China-Uni Eropa yang sehat," tambahnya.

Kantor berita resmi China Xinhua mengatakan komentar Wang mengikuti surat bersama dari presiden Dewan Eropa dan Komisi Eropa yang menyatakan keprihatinan atas kritik China terhadap kantor perwakilan. (Reuters)

KEYWORD :

China Lithuania Taiwan Pejabat Eropa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :