Kamis, 25/04/2024 16:58 WIB

China Geser Jepang sebagai Pengekspor Mobil Terbesar Dunia

Penjualan negara itu pada kuartal pertama melonjak hampir 60 persen dari tahun ke tahun.

Ilustrasi industri mobil. (Foto: antaranews.com)

JAKARTA, Jurnas.com - China menjadi pengekspor mobil terbesar di dunia pada kuartal pertama 2023, outlet berita Nikkei melaporkan minggu ini, mengutip data dari Asosiasi Produsen Mobil China.

Menurut laporan tersebut, ekspor mobil China pada Januari-Maret melonjak 58 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022, menjadi 1,07 juta unit. Selama periode ini, mantan pengekspor utama, Jepang, menjual 950.000 kendaraan.

Data menunjukkan bahwa pertumbuhan ekspor mobil China didorong oleh meningkatnya permintaan kendaraan listrik dan peningkatan pengiriman ke Rusia. Ekspor kendaraan energi baru, termasuk EV, melonjak 93 persen YoY menjadi 380.000 unit pada kuartal pertama, dan menyumbang sekitar 40 persen dari keseluruhan ekspor mobil China.

Tesla di China adalah kontributor terbesar dalam ekspor kendaraan energi baru, menjual 90.000 unit dalam periode pelaporan. Ekspor kuartal pertama Tesla dari China tumbuh 20 persen dari tahun sebelumnya.

Ekspor China ke Rusia lebih dari tiga kali lipat dalam periode pelaporan dari tahun sebelumnya menjadi 140.000 unit, menjadikan Rusia tujuan ekspor teratas untuk kendaraan China.

Menyusul dimulainya operasi militer Rusia di Ukraina, sejumlah pembuat mobil global meninggalkan negara itu karena sanksi Barat, yang membahayakan rantai pasokan dan membuat transaksi keuangan dengan Rusia bermasalah.

Pembuat mobil China dengan penuh semangat memanfaatkan kesempatan untuk memperluas kehadiran mereka di pasar Rusia.

Ekspor mobil China terus tumbuh di kuartal kedua. Dari Januari hingga April tahun ini, perusahaan mobil Tanah Air mengekspor sebanyak 1,37 juta kendaraan.

Bulan lalu, volume ekspor mencapai 376.000 unit, peningkatan bulan ke bulan sebesar 3,3 persen dan peningkatan tahun ke tahun sebesar 170 persen, data menunjukkan.

Tahun lalu, volume ekspor mobil China mencapai rekor tertinggi 3,11 juta kendaraan, yang menjadikan negara itu pengekspor mobil terbesar kedua di dunia setelah Jepang. Asosiasi Mobil Penumpang China memperkirakan ekspor akan mencapai 4 juta pada tahun 2023.

Sumber: Russia Today

 

KEYWORD :

Ekspor Mobil Kendaraan Listrik Jepang China Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :