Senin, 29/04/2024 05:37 WIB

BTS dan Ed Sheeran, Billy Eilish Meriahkan Konser Amal 24 Jam

Lebih dari 60 seniman berpartisipasi dalam festival The Global Citizen di sejumlah kota termasuk New York, London, dan Seoul.

Ed Sheeran (Foto: SkyNews)

London, Jurnas.com - Puluhan musisi populer, termasuk Ed Sheeran, Lizzo, hingga Billy Eilish akan ambil bagian dalam konser 24 jam pada Sabtu (Minggu waktu setempat), yang bertujuan mengampanyekan kesadaran akan perubahan iklim, ketidaksetaraan vaksin, dan kelaparan.

Lebih dari 60 seniman berpartisipasi dalam festival The Global Citizen di sejumlah kota termasuk New York, London, dan Seoul.

Dikutip dari BBC pada Minggu (26/9), puluhan ribu orang diperkirakan bakal hadir, sementara jutaan orang kemungkinan akan menonton siaran tersebut.

Acara dimulai di Paris, di mana Elton John tampil di depan Menara Eiffel. Dia naik ke panggung setelah penampilan pra-rekaman oleh band K-pop BTS.

Pertunjukan yang diyakini sebagai salah satu acara amal internasional terbesar yang pernah ada itu diselenggarakan oleh Global Citizen, sebuah badan amal yang bekerja untuk mengakhiri kemiskinan ekstrem pada tahun 2030.

Tidak seperti kebanyakan acara amal pada umumnya, penyelenggara tidak mengumpulkan uang, melainkan menggunakan partisipasi sebagai bukti kepada para pemimpin dunia bahwa orang-orang mendukung tindakan berani terhadap masalah tersebut.

"Di enam benua, seniman akan membantu menggalang warga untuk menuntut pemerintah, perusahaan besar, dan dermawan bekerja sama untuk membela planet ini dan mengalahkan kemiskinan," kata Global Citizen dalam sebuah pernyataan.

Konser ini mendesak pemerintah internasional untuk menanam satu miliar pohon, mengirimkan satu miliar vaksin ke negara-negara termiskin, dan menyumbangkan makanan untuk 41 juta orang di ambang kelaparan.

Jennifer Lopez termasuk di antara mereka yang tampil di New York, tempat Billie Eilish dan Coldplay dijadwalkan untuk bermain.

Sebelumnya Duke dan Duchess of Sussex, Pangeran Harry dan Meghan Markle, naik ke panggung menyerukan akses ke vaksin Covid-19 untuk diperlakukan "sebagai hak asasi manusia."

"Cara Anda dilahirkan seharusnya tidak mendikte kemampuan Anda untuk bertahan hidup," kata Duke of Sussex kepada orang banyak di Central Park kota.

Mereka diikuti penampilan oleh penyanyi Alessia Cara dan veteran pop Cyndi Lauper, yang menyanyikan lagu "Girls Just Want to Have Fun", yang didedikasikan untuk wanita Afghanistan.

Ed Sheeran tampil di Paris bersama Black Eyed Peas dan Stormzy, sementara Stevie Wonder akan bermain di Los Angeles.

Juga akan ada pertunjukan pra-rekaman dari sejumlah besar bintang, termasuk Green Day, Kylie Minogue dan Andrea Bocelli.

Dalam pesan yang direkam, Administrator USAID Samantha Power mengumumkan bahwa AS akan menyumbang lebih dari US$295 juta "untuk mencegah kelaparan dan kelaparan ekstrem, menghadapi kekerasan berbasis gender dan mengatasi kebutuhan kemanusiaan mendesak yang ditinggalkan pandemi Covid-19 di belakangnya."

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga berjanji untuk menggandakan jumlah vaksin virus corona, yang akan dikirim ke negara-negara miskin menjadi 120 juta dosis.

Sementara itu sejumlah perusahaan internasional seperti Lego, Cisco dan Verizon menjanjikan sumbangan amal.

KEYWORD :

Konser Amal Festival 24 Jam Ed Sheeran BTS Billy Eilish




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :